10 Fakta Unik Tentang Hewan Koala

10 Fakta Unik Tentang Hewan Koala

10 Fakta Unik Tentang Hewan Koala – Hewan Koala adalah salah satu hewan yang dilindungi. Betapa menyenangkannya bisa memiliki hewan ini. Akan tetapi, menjadikan koala sebagai hewan peliharaan bisa membuat kalian dihukum Di Australia, siapa pun yang memelihara koala akan mendapat hukuman penjara.

Koala adalah hewan marsupial yang asli dari Australia. Ia terkenal karena penampilan yang lucu dan dietnya yang terdiri dari daun eucalyptus. Koala ditemukan di bagian timur Australia, di mana mereka tinggal di hutan dan kebun eucalyptus. Mereka biasanya hewan yang bergerak lambat dan cenderung tidur sepanjang hari. Koala terancam oleh hilangnya habitat dan kegiatan manusia lain, dan populasinya menurun dalam beberapa tahun terakhir. Ada upaya konservasi yang sedang berlangsung untuk melindungi koala dan habitatnya. Koala bukan beruang, meskipun penampilannya dan fakta bahwa mereka sering disebut sebagai “koala bear”. Mereka adalah marsupial, sekelompok mamalia yang termasuk kanguru dan wallaby.

10 Fakta Unik Tentang Hewan Koala

Tahukah anda kalau hewan koala memiliki keunikan? berikut ini 10 Fakta Unik Tentang Hewan Koala.

  • Kalau melihat besarnya koala dewasa, tahukah kalian kalau ketika dilahirkan, koala hanya memiliki panjang 1 inci (2,54 CM)? Beratnya hanya sebesar lebah saat koala dilahirkan. Bayi koala akan tetap berada di kantung ibunya hingga dia berusia 6 bulan dan saat masih menyusui.
  • Koala adalah salah satu dari beberapa mamalia yang memiliki sidik jari manusia. Sangat sulit membedakan keduanya bahkan di bawah mikroskop.
  • Hewan ini terkenal sebagai hewan yang suka sekali tidur. Koala mampu tidur hingga 18 jam setiap harinya. Saat tidak tidur, koala menggunakan waktunya untuk makan atau berpindah dari satu pohon ke pohon lain. Mereka juga bisa melompat hingga sejauh 150 kaki (45,72 meter) diukur dari puncak pohon.
  • Meskipun namanya memilik arti “tidak minum”, koala masih tetap minum air! Hanya saja, binatang ini jarang sekali terlihat sedang minum.
  • Koala mendapat air dari daun-daun eukaliptus yang dimakan olehnya. Berbeda dengan jerapah yang hidup berkelompok.
  • Koala adalah hewan penyendiri. Artinya, mereka hidup sendiri dan jarang terlihat sebagai kelompok. Mereka juga akan sangat melindungi daerah tempat tinggalnya.
  • Koala menandai tempat tinggal dengan meninggalkan aroma tubuhnya di pohon dengan cara menggosok dada mereka ke pohon.
  • Koala adalah hewan yang sangat tenang dan tidak banyak bergerak. Mereka hanya aktif selama 2 jam per hari. Namun koala bisa mengeluarkan suara menggeram yang sangat keras dan agresif jika merasa terancam! Meskipun terlihat tenang, koala juga bisa berlari. Ia bisa berlari dengan sangat cepat. Kecepatannya hampir sama seperti saat kelinci berlari.
  • Koala memiliki ekor. Ekor ini berfungsi sebagai tempat duduk mereka saat duduk di ranting pohon selama berjam-jam.
  • Koala jarang sekali turun dari pohon. Itu karena binatang ini memiliki beberapa predator, terutama anjing. Agar terhindar dari predator dan menjaga diri supaya tetap aman, mereka terus menetap di atas pohon.

Klasifikasi Koala

Klasifikasi ilmiah merupakan sistem yang digunakan untuk mengelompokkan hewan berdasarkan ciri-ciri yang mereka miliki. Klasifikasi ilmiah koala adalah sebagai berikut:

  1. Kerajaan (Kingdom): Animalia Kerajaan Animalia merupakan kelompok yang terdiri dari semua hewan.
  2. Filium (Phylum): Chordata Filium Chordata terdiri dari hewan yang memiliki tulang belakang atau sumsum tulang belakang.
  3. Kelas (Class): Mammalia Kelas Mammalia terdiri dari semua mamalia, termasuk koala.
  4. Urutan (Order): Diprotodontia Urutan Diprotodontia terdiri dari marsupial dengan dua gigi depan. Koala termasuk dalam kelompok ini.
  5. Keluarga (Family): Phascolarctidae Keluarga Phascolarctidae terdiri dari koala dan keluarga dekatnya.
  6. Genus (Genus): Phascolarctos Genus Phascolarctos hanya terdiri dari satu spesies, yaitu P. cinereus, yang merupakan nama ilmiah koala.
  7. Spesies (Species): P. cinereus Spesies P. cinereus adalah nama ilmiah untuk koala.

Dengan menggunakan sistem klasifikasi ini, kita dapat mengelompokkan hewan berdasarkan kemiripan ciri-ciri yang mereka miliki dan mengetahui posisi hewan tersebut dalam tata surya hewan.

Kerajaan Filium Kelas Urutan Keluarga Genus Spesies
Animalia Chordata Mammalia Diprotodontia Phascolarctidae Phascolarctos P. cinereus

 

Jenis-Jenis Koala

Beberapa subspesies atau populasi koala termasuk:

  1. Koala Queensland: Subspesies ini ditemukan di wilayah timur laut Australia dan memiliki bulu yang lebih tebal dan gelap daripada koala lainnya.
  2. Koala New South Wales: Subspesies ini ditemukan di wilayah tenggara Australia dan memiliki bulu yang lebih terang daripada koala lainnya.
  3. Koala Victoria: Subspesies ini ditemukan di wilayah tenggara Australia dan memiliki bulu yang lebih gelap daripada koala lainnya.
  4. Koala South Australia: Subspesies ini ditemukan di wilayah selatan Australia dan memiliki bulu yang lebih terang daripada koala lainnya.
  5. Koala Pulau Kangaroo: Populasi ini ditemukan di Pulau Kangaroo, di sebelah selatan Australia, dan memiliki bulu yang lebih terang daripada koala lainnya.

Secara keseluruhan, semua koala memiliki tubuh yang kokoh, dengan kepala yang bulat, telinga yang besar, dan hidung yang khas. Mereka terlindungi oleh bulu yang tebal dan lembut, yang bisa berwarna abu-abu, coklat, atau cream. Koala terkenal dengan sifatnya yang santai dan lambat, serta cinta terhadap daun eucalyptus, yang merupakan sebagian besar dari diet mereka.