Spesies Burung Gagak di Indonesia

Spesies Burung Gagak di Indonesia – Alhamdulillah sahabat dimanapun berada khusunya pecinta burung kicau dimanapun berada pada kesempatan kali ini di malam hari yang sangat indah ini saya admin hewanternak.com kembali akan memberikan update artikel terbaru dengan Judul Spesies Burung Gagak di Indonesia.

Burung gagak (genus Corvus) kerap kali dikaitkan dengan dunia mistik, sihir, dan mitos-mitos yang buruk lainnya. Padahal sejumlah penelitian menunjukkan bahwa burung gagak sejatinya adalah burung yang sangat cerdas. Namun dalam berbagai kebudayaan dan mitologi, stereotip jelek, buruk, dan jahat terlanjur menyertai burung gagak termasuk di Indonesia.

Spesies Burung Gagak di Indonesia

Spesies Burung Gagak di Indonesia

Burung gagak merupakan sekumpulan burung pengicau (Passeriformes) yang dikelompokkan dalam genus Corvus. Di seluruh dunia terdapat hingga 40 spesies burung gagak. Di Indonesia sendiri hidup sekitar 9 spesies. Beberapa diantaranya bahkan merupakan burung endemik Indonesia.

Secara umum burung gagak memiliki ukuran tubuh relatif besar dengan bulu dominan berwarna hitam.

Dari 40-an jenis gagak yang tersebar di seluruh dunia, Indonesia memiliki sedikitnya 9 spesies burung gagak. Jenis-jenis spesies burung gagak asli Indonesia tersebut diantaranya adalah:

  1. Gagak Hutan atau Slender-billed Crow (Corvus enca), Brunei Darussalam, Filipina, Indonesia, dan Malaysia.
  2. Gagak Flores atau Flores Crow (Corvus florensis), Endemik Pulau Flores dan Inca, Indonesia.
  3. Gagak Kepala-coklat atau Brown-headed Crow (Corvus fuscicapillus), Burung endemik Papua, Indonesia.
  4. Gagak Kampung atau Large-billed Crow (Corvus macrorhynchos), Afghanistan, Bhutan, Kamboja, China, India, Indonesia, Jepang, Korea, Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Pakistan, Filipina, Rusia, Singapura, Taiwan, Thailand, Timor Leste, dan Vietnam.
  5. Gagak Orru atau Torresian Crow (Corvus orru), Australia, Indonesia (Maluku, Papua), Papua Nugini.
  6. Gagak Kelabu atau Grey Crow (Corvus tristis), Indonesia (Papua), Papua Nugini.
  7. Gagak Sulawesi atau Piping Crow (Corvus typicus), Endemik Sulawesi, Indonesia.
  8. Gagak Banggai atau Banggai Crow (Corvus unicolor), Endemik Indonesia (Kepulauan Banggai Sulawesi Tengah).
  9. Gagak Halmahera atau Long-billed Crow (Corvus validus), Indonesia (Pulau Morotai, Halmahera, Kayoa, Kasiruta, Bacan dan Obi).

Beberapa jenis burung gagak di Indonesia mulai langka dan terancam punah. Burung gagak yang mulai langka diantaranya adalah Gagak Banggai yang berstatuskan Critically Endangered dan Gagak Flores (Endangered).

Demikianlah artikel tentang Spesies Burung Gagak di Indonesia, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin ya rabbal alamin dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya hanya bersama dengan kami di hewanternak.com

Kata Kunci :

jenis gagak di indonesia
Spesies Burung Gagak di Indonesia | Admin | 4.5
Leave a Reply