Serangga Merukan Sumber Protein yang Sangat Tinggi

Serangga Merukan Sumber Protein yang Sangat Tinggi – Alhamdulillah sahabat dan selamat pagi pada pagi yang sangat indah ini saya admin dari hewanternak.com kembali akan memberikan update artikel terbaru dengan Judul Serangga Merukan Sumber Protein yang Sangat Tinggi.

Serangga (disebut pula insecta, dibaca “insekta”, berasal dari bahasa Latin insectum, sebuah kata serapan dari bahasa Yunani ἔντομον [éntomon], “terpotong menjadi beberapa bagian”) adalah salah satu kelas avertebrata di dalam filum arthropoda yang memiliki exoskeleton berkitin , tubuh yang terbagi tiga bagian (kepala, thorax, dan abdomen), tiga pasang kaki yang pangkalnya menyatu, mata majemuk, dan sepasang antena.

Serangga Merukan Sumber Protein yang Sangat Tinggi

Serangga Merukan Sumber Protein yang Sangat Tinggi

Serangga termasuk salah satu kelompok hewan yang paling beragam, mencakup lebih dari satu juta spesies dan menggambarkan lebih dari setengah organisme hidup yang telah diketahui.

Bicara tentang protein yang sehat, biasanya kita akan mengingat telur, ikan, daging putih, susu rendah lemak, dan lain sebagainya. Padahal, masih ada sumber protein berkualitas yang murah, jumlahnya tak terbatas, dan ramah lingkungan, yakni serangga.

Serangga sebagai bahan makanan memang bukan hal yang asing, di beberapa negara di Afrika, Asia dan beberapa suku di tanah air kerap menjadikan serangga sebagai makanan. Selain lezat, serangga juga mengandung nutrisi yang baik. Diperkirakan 2 miliar orang di seluruh dunia mengonsumsi serangga secara rutin saat makan.

Meski demikian sebaiknya Anda hanya mengonsumsi serangga yang memang dikembangbiakkan untuk makanan. Ini untuk menghindari serangga yang tercemar pestisida atau mengandung zat beracun. Kini di beberapa negara juga sudah dibuat camilan protein (protein bars) yang dibuat dari campuran kacang-kacangan, buah, serta serangga.

Ketahui apa saja serangga yang bisa menjadi sumber protein.

1. Belalang dan jangkrik

Ini adalah jenis serangga yang paling umum dikonsumsi di seluruh dunia. Serangga yang jago melompat ini memang mudah ditemukan, mudah ditangkap, dan rasanya lezat. Dalam 3-5 ons belalang mentah terkandung 14-28 gram protein. Belalang juga kaya kalsium dan zat besi.

Kelebihan lain dari belalang adalah rasanya yang netral sehingga bisa dibuat menjadi berbagai panganan. Cara paling populer untuk mengasup belalang adalah digoreng atau dipanggang.

2. Ulat

Ulat juga sering dikonsumsi. Dalam 100 gram ulat yang dikeringkan terkandung 53 gram protein dan 15 persen lemak. Kandungan protein dalam ulat bahkan lebih tinggi dibanding ikan dan daging.

3. Kumbang

Kumbang mengandung 36 gram protein dalam satu sajian kecil. Selain itu hewan ini juga mengandung mineral seperti kalsium, zat besi, dan zinc.

Demikianlah artikel tentang Serangga Merukan Sumber Protein yang Sangat Tinggi, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin 3x. sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya hanya bersama dengan kami di katapendidikan.com

Serangga Merukan Sumber Protein yang Sangat Tinggi | Admin | 4.5
Leave a Reply