Sejarah Tentang Kuda Arab Secara Lengkap

Sejarah Tentang Kuda Arab Secara Lengkap –  Sebagai contoh ditemukannya pahatan batu berusia 2500 tahun di Semenanjung Arabia berupa kuda yang mempunyai beberapa ciri khas seperti bentuk kuda arab. Artefak yang lain ditemukan pada lukisan kuda di dinding makam Mesir kuno serta fragmen dekorasi Pathernon denan ciri yang sama. Kuda Arab sekarang ini menjadi satu kepingan mozaik sejarah peradaban dunia, baik yang ada di Barat ataupun di Timur Tengah.

Sejarah Tentang Kuda Arab Secara Lengkap

Sejarah Tentang Kuda Arab Secara Lengkap

 

1. Kuda Arab Saat Peradaban Kuno

Sebagai contoh ditemukannya pahatan batu berusia 2500 tahun di Semenanjung Arabia berupa kuda yang mempunyai beberapa ciri khas seperti bentuk kuda arab. Artefak yang lain ditemukan pada lukisan kuda di dinding makam Mesir kuno serta fragmen dekorasi Pathernon denan ciri yang sama.

2. Kuda Arab di Barat

Kuda Arab sekarang ini menjadi satu kepingan mozaik sejarah peradaban dunia, baik yang ada di Barat ataupun di Timur Tengah. Salah satunya dalam sejarah perjuangan revolusi Amerika Serikat, George Washington dikabarkan memakai kuda arab sebagai tunggangannya melintasi medan.

Seperti seorang Napoleon Bonaparte dalam perjalanan sejarahnya juga dilaporkan telah menempuh perjalanan sejauh 80.500 kilometer atau sekitaran 50.000 mil di wilayah Marengo dengan menunggangi kuda arab. Seperti bisa dilihat dalam lukisan seniman Perancis, Delacroix.

3. Kuda Arab di Timur Tengah

Di Timur Tengah pun, kuda arab sudah berpartisipasi dalam mengukir sejarah militer. Richard, Sang Lion Heart sangat terpana dengan keindahan kuda arab di saat perang salib. Bahkan juga sampai mengatakan kalau Terusan Suez tergantung pada kuda arab punya Ferdinand de Lesseps.

Saat itu de Lesseps sangat memerlukan kuda untuk berlari di gurun Arab, terutama antara Kairo dengan Aleksandria guna membangun kanal. Dengan kuda arab yang terkenal tangguh, de Lessep dapat melompat tinggi serta membuat para pemimpin Mesir kagum serta terkesan. Selanjutnya mereka memutuskan untuk menyepakati pembuatan kanal dilanjutkan oleh de Lesseps.

Kuda Arab Dalam Islam

Atas arahan Rasulullullah saw, orang-orang Arab Badwi mulai beternak serta membiakan kuda-kuda arab baka baik serta menurut ahli sejarah Abnu Khallikan menyebutkan dalam Kitabnya bahwa Tariq bin Ziad sudah membawa 12,000 pasukan berkuda dari Maroko serta Tunisia (Kuda Barb) bersama 12 ekor kuda Arab. Itulah pertama kalinya Kuda Arab sudah dibawa masuk serta diasilmilasikan atau diintegrasikan dengan kuda-kuda Inggris.

Atas arahan Rasulullullah saw, orang-orang Arab Badwi mulai beternak serta membiakan kuda-kuda arab baka baik serta menurut ahli sejarah Abnu Khallikan menyebutkan dalam Kitabnya bahwa Tariq bin Ziad sudah membawa 12,000 pasukan berkuda dari Maroko serta Tunisia (Kuda Barb) bersama 12 ekor kuda Arab. Itulah pertama kalinya Kuda Arab sudah dibawa masuk serta diasilmilasikan atau diintegrasikan dengan kuda-kuda Inggris. Yang seterusnya mencetuskan kuda pengembangbiakan campuran yang terkenal saat ini yakni ‘thoroughbred’.

Kuda dalam bahasa Arab disebut sebagai ‘faras’, kuda jantan ‘fahl’ atau biasanya disebut sebagai al-khayl. Di dalam Al-Quran perkataan ‘kuda’ disebut sebanyak 5 kali. Dalam Surah 79 serta Surah 100 disebut al-naziat, al-adiyat dimaksudkan sebagai ‘kuda’, sementara Surah 37 al-saffat, Surah 51 al-dhariyat serta Surah 77 al-mursalat dimaksudkan pada kuda.

Dalam Al-Quran dinyatakan kalau “Dan (Dia Mencipta) kuda serta keledai untuk kamu tunggang as zinat” (Surah 16 : 8). Perkataan Arab zinat artinya kesukaan serta kebaikan yang dimaksudkan sebagai kuda serta keledai diciptakan bukan saja untuk dinaiki, ditunggangi namun juga untuk dibiakkan serta membuat pertandingan (bukan perjudian).

Kuda pertama dimiliki oleh Rasulullah saw bernama ‘As-Sakaf’ yang dibeli baginda Rasulullah dari suku kaum Fezara. Baginda Rasulullah menunggang kuda ini dalam Perang Uhud.

Baginda Rasulullah saw juga memilki seekor lagi kuda yang bernama ‘Sabaha’ serta pernah memasuki pertandingan serta menang dalam pertandingan itu. Baginda Rasulullahsangat senang. Kuda ketiga yang dimiliki oleh Rasullullah saw bernama al-Murtajis.

Demikianlah artikel tentang Sejarah Tentang Kuda Arab Secara Lengkap, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin3x dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya hanya bersama dengan kami di hewanternak.com. 

Sejarah Tentang Kuda Arab Secara Lengkap | Admin | 4.5
Leave a Reply