Pemberian Pakan Yang Baik dan Masa Kehamilan Kambing

Pemberian Pakan Yang Baik dan Masa Kehamilan Kambing – Alhamdulillah pada sore hari saya akan memberikan update artikel terbaru dengan Judul Pemberian Pakan Yang Baik dan Masa Kehamilan Kambing. Pada dasarnya semua jenis Kambing apa saja memerlukan makanan hijau, rumput atau tanaman adalah makanan pokok bagi Kambing. Pakan hijau terbaik untuk Kambing adalah yang memiliki kandungan gizi yang tinggi, pakan seperti daun singkong, daun lamtoro,daun kangkung dan masih banyak yang lainnya sangat bagus untuk di konsumsi oleh Kambing.
Dalam pemberian pakan dari daun singkong terdapat pengecualian, pakan ini tidak dapat di berikan langsung namun harus melalui penjemuran terlebih dahulu sebelum di berikan. Penjemuran yang bagus adalah dengan waktu antara 3-6 jam, ambil daun singkong dari penjemuran lalu teduhkan setelah di teduhkan baru bisa di berikan. Cara ini adalah antisipasi keracunan pada Kambing yang di hasilkan oleh daun singkong.
Pemberian Pakan Yang Baik dan Masa Kehamilan Kambing
Pemberian Pakan Yang Baik dan Masa Kehamilan Kambing
A. Pakan Yang Baik Untuk Beternak Kambing
Selain makanan pokok (pakan hijau) Kambing juga memerlukan pakan tambahan sebagai penunjang pertumbuhan dan pembentukan daging. Pakan tambahan yang baik adalah dengan di berikan konsentrat setiap harinya, 1 ekor kambing dewasa membutuhkan 3kg konsentrat untuk setiap harinya. Solusi lain adalah pemberian pakan tambahan campuran dari ampas tahu 40%, bungkil kelapa 40%,bekatul 40%, dan ampas singkong 20%.
Pemberian pakan tambahan ini adalah sesudah Kambing menyantap pakan hijau, jadi jika setelah memakan pakan hijau Kambing masih juga belum kenyang maka berilah pakan tambahan tersebut. Pemberian pakan Kambing yang baik adalah dengan memberinya 2 kali dalam 1 hari terbagi antara pagi dan sore. Kambing dewasa memerlukan air bersih (untuk di minum) 2 liter setiap harinya, untuk itu juga jangan lupa memberikannya minum.
Masa Kehamilan Kambing (Masa Berkembangbiak)
Beternak Kambing ini memang perkembangannya sangat cepat karena tingkat reproduksi Kambing sangat cepat. Kambing dapat melahirkan anak setiap 7 bulan sekali dengan jumlah anak di antara 1-4 ekor. Setelah 1 bulan Kambing melahirkan maka sang Induk sudah dapat di kawinkan dengan pejantan, dalam perkawinan tentunya dengan pejantan yang unggul agar melahirkan keturunan yang baik. Anak kambing akan di sapih induknya setelah mencapai waktu sekitar 3-4 bulan dan anak Kambing akan dewasa setelah memasuki umur 8-10 bulan.
B. Masa Kehamilan Kambing (Masa Berkembangbiak)
Dalam mengawinkan Kambing ada rumus tersendiri, perkawinan harus sang induk dalam keadaan subur, siklus birahi kambing akan terjadi dengan waktu 17-21 hari, dan lama birahi kambing hanya 24-40 jam saja. Masa birahi Kambing sangat mudah di identifikasi yaitu dengan perilakunya yang tidak bisa diam, ekor yang sering di kibaskan, mengeluarkan urine yang sangat sering meskipun hanya sedikit, alat kelamin akan membengkak dan mengeluarkan cairan bening kental, dan pada masa ini Kambing betina akan diam jika di naiki oleh pejantan.

Dalam beternak Kambing ini tentunya sangatlah mudah apabila di kerjakan dengan kesungguhan, jika usaha ternak Kambing sudah berjalan dan menuai hasil panen maka tugas Kita adalah sebisa mungkin meningkatkan hasil produksinya agar mendapatkan pundi-pundi rupiah lebih. Ternak kambing yang dahulu hanya sekedar usaha sampingan para petani di Indonesia sekarang saatnya sudah menjadi usaha ternak yang serius dan fokus. Jika peternakan Kambing di Indonesia mampu meningkatkan hasil produksi setiap tahunnya maka Pemerintah tidak perlu lagi melakukan impor daging untuk menutup kebutuhan masyarakat yang terus meningkat disetiap tahunnya.Demikialah artikel tentang Pemberian Pakan Yang Baik dan Masa Kehamilan Kambing, semoga bermanfaat untuk semuanya.amien3x. dan sampai ketemu lagi pada update artikel terbaru lainnya bersama dengan kami di hewanternak.com

Kata Kunci :

CARA PEMBERIAN PAKAN DAUN SINGKONG PADA KAMBING
Pemberian Pakan Yang Baik dan Masa Kehamilan Kambing | Admin | 4.5
Leave a Reply