Pakan Yang Baik Untuk Burung Murai Batu

Pakan Yang Baik Untuk Burung Murai Batu – Murai batu merupakan jenis burung ocehan yang sangat istimewa di mata penggemarnya. Bagaimana tidak? Mencuatnya keterkenalan burung murai batu disebut sebagai burung ocehan nomor wahid membuat para pemiliknya merawatnya dengan sangat hati-hati agar burung murai batu tidak sampai jatuh sakit. Termasuk dalam perawatan burung murai batu adalah pemberian makanan yang cukup dan bergizi di samping perawatan yang diperlukannya seperti membersihkan kandang, melatih suaranya, menjemurnya, memandikannya dan lain sebagainya. Tapi pembahasan dalam artikel ini hanya memuat mengenai perawatan burung murai batu dari sisi makanan yang baik.
Pakan Yang Baik Untuk Burung Murai Batu

Pakan Yang Baik Untuk Burung Murai Batu

Makanan yang baik untuk murai batu sangat beragam bentuknya yang bertujuan tak lain agar burung murai batu tetap terjaga kesehatannya dan merdu suaranya. Sebab jikalau salah dalam pemberian makanan yang tidak baik dan teratur tentu burung murai batu akan sakit dan mengganggu performa kicauan suaranya. Nah, mengenai pembahasan ini dijelaskan secara per poin untuk menelaah bagaimana makanan yang baik untuk murai batu itu?

Memberinya makanan seperti yang dimakannya di hutan

Murai batu yang dipelihara oleh para pecinta burung ocehan tidak semuanya di dapatkan dari hasil budidaya di penangkaran tetapi ada yang mendapatkan burung murai batu langsung dari hutan. Nah, di hutan burung murai batu makannya sangat beragam tergantung dari kondisi alam yang didiaminya. Kebanyakan tempat yang dihuni oleh burung murai batu biasanya kawanan burung ini menyukai telur semut, ulat, biji-bijian, ikan kecil dan serangga-serangga kecil termasuk belalang. Sehingga kalau anda mempunyai burung murai batu yang didapat dari hutan agar dapat mengkondisikan makanannya dengan memberikan makanan yang baik yaitu makanan yang biasanya dimakannya di hutan. Jika tidak, tentu murai batu akan tampak stres sebab makanannya berbeda dari apa yang dimakannya di hutan.

Perhatikan cara pemberian makanannya

Makanan yang baik buat murai batu tidak lengkap jika tidak memperhatikan cara penyajian makanannya untuk burung murai batu. Baiknya sebelum memberikan burung murai batu makannya perhatikan terlebih dahulu kondisi kandangnya dan bersihkan jika terlihat kotor. Begitu juga dengan tempat makan dan minumnya sebaiknya rajin untuk dicuci agar tetap bersih dan rutin mengganti minumannya setiap harinya. Nah, jika kondisi kandang dan tempat makannya diperhatikan tentunya murai batu akan bernafsu untuk makan sebab suasana sangkar dan tempat makannya selalu diperhatikan oleh pemiliknya.

Berikan makanan yang variatif

Tak bisa untuk disangkal bahwa burung murai batu akan meningkat nafsu makannya jika pemberian makannya dilakukan dengan mengganti menunya dalam beberapa hari sekali. Disebabkan burung murai batu akan mudah jemu jika makanannya itu-itu saja setiap harinya dan bisa jadi burung murai tersebut akan menurun nafsu makannya sehingga menyebabkannya sakit. Dari itu makanan yang baik untuk murai batu juga harus memperhatikan pergantian menu untuk beberapa hari sekali di samping membuat murai batu tidak muak dan manfaat yang lain bisa menambah staminanya.Nah, demikianlah penjelasan mengenai makanan yang baik buat murai batu yang dilihat dari berbagai sisi yaitu jenis makanannya, merawat sangkar dan tempat makannya, lalu melakukan pergantian menu. Dan tetap di samping itu juga satu lagi makanan yang baik buat murai adalah berikanlah vitamin secara rutin sebagai imunitas kekebalan tubuhnya dari serangan virus.SEKIAN…. Semoga bermanfaat….Baca juga Mengenal Telur Punyu Yang Bergizi Serta Bermanfaat

Kata Kunci :

Makanan yang tepat untuk burung murai,pakan buat burung murai batu,tempat makan murai batu yg tepat
Pakan Yang Baik Untuk Burung Murai Batu | Admin | 4.5
Leave a Reply