Pakan Alternatif Dalam Ternak Kroto Semut Rangrang

Pakan Alternatif Dalam Ternak Kroto Semut Rangrang – Pada kesempatan ini admin hewanternak.com akan berbagi tentang Pakan Alternatif Dalam Ternak Kroto Semut Rangrang. Sebelumnya admin juga sudah berbagi tentang Cara Ternak Kroto dengan Media Galon Air Minum.
 

Pakan Alternatif Dalam Ternak Kroto Semut Rangrang

Bagi sobat yang sedang melakukan ternak semut rangrang terutama dalam metode modern, tentu ingin mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya bukan? Harga kroto di pasaran memang sangat tinggi dan ini sangat menguntungkan, namun omset anda setiap kali panen dalam rincian keuangan harus dahulu dipotong biaya-biaya, diantaranya yaitu biaya pakan.
Dari sekian jenis biaya yang dikeluarkan, yang paling besar pengeluaran nya adalah untuk keperluan pakan, karenanya tak heran jika penghasilan tiap panen harus terpotong sekian persen untuk biaya pakan. Namun anda tidak perlu bingung, kami punya tips pakan alternatif dalam ternak semut Rangrang yang tentunya disukai oleh semut dan dapat menekan beban biaya pada ternak anda.
Pakan Alternatif Dalam Ternak Kroto Semut Rangrang

Pakan Alternatif Dalam Ternak Kroto Semut Rangrang

Semut Rangrang atau Rarangge (dalam bahasa Sunda) yang pada dasarnya adalah hewan liar yang hidup di alam terbuka, dengan habitat pohon-pohon besar berbuah (seperti pohon Mangga, Mente, Mengkudu, Sukun dll) dapat mencari makan berupa hewan-hewan yang dianggap hama pada pohon tersebut, seperti Ulat Daun, Ulat Buah, Kutu Daun, Kepik, Belalang, Wereng sampai Laba-laba.

Artikel terkait : Cara Ternak Kroto tanpa Ratu

Di lingkungan tempat ternak, anda dapat mencari serangga-serangga tersebut untuk diberikan pada semut. Layaknya penggelut Ternak Sapi dan Ternak Kambing yang mencari rumput di alam untuk pakan hewan peliharaan nya, peternak semut Rangrang pun bisa demikian, hanya yang dicari adalah serangga atau hewan yang disebutkan tadi.
Di rumah pun anda bisa mencari Cicak untuk pakan alternatif ini, namun Cicak harus dalam keadaan hidup karena semut tidak suka dengan bangkai, dan Bekicot juga bisa. Asal anda bisa mengkombinasikan pakan tambahan tersebut, jangan sampai karena Cicak banyak terdapat dalam rumah anda maka anda memberi pakan alternatif Cicak setiap hari dalam jumlah banyak, ini tentu tidak bagus, karena semut pun punya rasa jenuh, alhasil pakan tidak akan habis, malah akan mengotori kandang.
Selain hewan-hewan untuk pakan yang disebutkan tadi, anda juga dapat mencoba jenis hewan lain yang sekiranya semut suka. Namun yang perlu anda ketahui juga, sisa-sisa pakan yang sudah mengering (terutama yang berukuran besar) harus dibersihkan dari kandang, karena semut Rangrang tidak suka dengan lingkungan yang kotor, ini tentu akan berpengaruh terhadap produksi jumlah kroto.
Sisa-sisa pakan memang akan dibuang sendiri oleh semut pekerja, namun hewan berukuran besar bagi semut, seperti Cicak, ulat daun besar, tentu semut sulit membuang nya, maka peternaklah yang harus rajin membersihkan. Untuk mempermudah bisa menggunakan Pinset, yaitu penjepit runcing dari besi. Bagaimana, mudah bukan mencari pakan alternatif dalam ternak semut Rangrang? Selamat mencoba ..Lihat juga Cara Ternak Kroto dengan Media Toples
Pakan Alternatif Dalam Ternak Kroto Semut Rangrang | Admin | 4.5
Leave a Reply