Mengenal Lebih Dalam Tentang Kambing Samosir

Mengenal Lebih Dalam Tentang Kambing Samosir – Alhamdulillah sahabat dimana saja berada, pada sore hari saya akan memberikan upadate terbaru artikel dengan judul Mengenal Lebih Dalam Tentang Kambing Samosir, Indonesia memang terkenal dengan Negara kepulauan yang memiliki berbagai ragam suku dan budaya, salah satu pulau yang memiliki banyak sejarah yaitu Pulau Samosir, pulau yang terletak di tengah Danau Toba Kabupaten Samosir provinsi Sumatra Utara tersebut terdapat sebuah kambing yang dipelihara penduduk setempat secara turun temurun di Pulau Samosir tersebut, kambing itu sering disebut dengan jenis kambing samosir.
Mengenal Lebih Dalam Tentang Kambing Samosir
Kambing Samosir
Bagi kalian yang berada diluar Pulau Sumatra mungkin belum pernah melihat jenis kambing ini sebab katanya kambing tersebut hanya terdapat disana, lalu apakah keistimewaan dari kambing tersebut? untuk lebih jelasnya saya akan sedikit mengulas tentang kambing tersebut.
Menurut beberapa sumber yang saya dapatkan jenis kambing samosir pada mulanya banyak digunakan untuk bahan upacara persembahan pada acara keagamaan salah satu aliran animisme atau Parmalim oleh penduduk setempat, kambing yang digunakannya pun tidak sembarang kambing karena kambing yang berwarna putihlah yang menurut penduduk setempat hanya bisa digunakan, untuk itu para penduduk disana sudah selalu memilih dan mempersiapkan secara selektif kambing yang akan digunakan untuk upacara persembahan tersebut, baca juga artikel tentang jenis kambing kosta.
Kambing ini bisa beradaptasi dan berkembang biak dengan baik dengan kondisi ekosistem lahan kering dan berbatu, terbukti dengan kondisi Pulau Samosir yang topografinya berbukit serta pada saat musim kemarau yang sulit untuk menemukan rumput pun kambing ini masih bisa bertahan.
Ukuran tubuh untuk jenis kambing ini bisa dikatakan hampir sama dengan jenis kambing kacang, bobot tubuh kambing samosir betina yang sudah dewasa berkisar antara 26 sampai 32 kg dengan panjang 57 sampai 63 cm, tinggi pundak 50 sampai 56 cm, tinggi pinggul 53 sampai 59 cm, dalam dada 28 sampai 33 cm dan lebar dada 17 sampai 20 cm, namun yang membedakan antara kambing ini dengan kambing kacang ialah warna tubuhnya. Nama kambing samosir ini sendiri masih dalam lingkup lokal dan dikenal dengan kambing putih satau kambing batak yang artinya kambing tersebut memiliki sebutan lain diluar daerah tersebut.
Demikianlah artikel tentang Mengenal Lebih Dalam Tentang Kambing Samosir, semoaga bermanfaat dan sampai jumpa lagi pada pokok pembahasan yang lain.sekian dan terima kasih
Mengenal Lebih Dalam Tentang Kambing Samosir | Hewan Ternak | 4.5
Leave a Reply