Mengenal Lebih Dalam Burung Kutilang

Mengenal Lebih Dalam Burung Kutilang – Burung cucak Kutilang atau orang jawa biasa menyebutnya burung Gentilang atau Ketilang, burung Kutilang dalam bahasa ilmiahnya diberi nama Pycnonotus aurigaster.
Orang jawa memberi nama burung Kutilang dikarenakan suara burung Gentilang yang khas dan seperti berbunyi gentilang-gentilang ketika pagi hari sedang bertengger di dahan-dahan.
Burung kutilang merupakan burung yang cenderung mudah diperlihara dan jinak dengan manusia, apalagi jika kita memelihara burung kutilang dari masih anakan kondisi lolohan piyik, biasanya ketika menjelang dewasa burung kutilang cenderung jinak dan bisa kita lepas bebas di luar kandang.
Makanan keseharian burung kutilang jika di dalam sangkar bisa kita beri Pisang, Pepaya dan Voer burung, selain itu kita juga bisa memberinya pakan serangga berupa jangkrik atau kroto. Jika di alam liar burung Kutilang biasa memakan buah-buahan, serangga dan ulat-ulatan di pepohonan.
Tempat hidup burung Kutilang dahulu sebelum perburuan akan burung kicau seperti sekarang biasa hidup di kebun-kebun sekitar kita, tepi jalan, pekarangan, semak belukar, taman-taman perkotaan. Namun karena tingkat perburuan akan burung oleh manusia semakin menjadi, burung Kutilang hanya bisa kita jumpai di hutan-hutan yang masih jarang dijamah oleh manusia.
Dalam habitatnya di alam bebas, burung Kutilang biasa hidup bergerombol secara berpindah-pindah mencari makan. Kebiasaan Kutilang di alam  bebas ketika pagi hari yaitu berjemur dan mandi menggunakan embun pagi atau sisa air hujan di daun-daun, kebiasaan mandi tersebut bertujuan menjaga bulu-bulunya yang terus diminyaki.
Dalam bahasa Inggris, burung Kutilang diberi nama Sooty-headed Bulbul hal tersebut terjadi karena kebiasaan burung Kutilang yang memiliki jambul hitam di kepalanya. Jambul tersebut akan tegak ketika burung Kutilang dalam kondisi senang atau terjadi jika burung akan buang air besar.
Dalam perkembangbiakannya, Kutilang biasa membuat sangkar untuk bertelur dari anyaman rumput, tangkai daun dan ranting-ranting halus. Biasanya Kutilang akan bertelur di sangkar tersebut dengan jumlah telur antara dua atau tiga butir dengan warna kemerah jambuan berbintik-bintik ungu.

Kata Kunci :

mitos memelihara burung kutilang,mitos kutilang,mitos burung kutilang,mitos memelihara kutilang,mitos burung kutilang yg jinak,burung kutilang mitos,kutilang pikat,kutilang dewasa,kutilang blorok,kecerdasan kutilang
Mengenal Lebih Dalam Burung Kutilang | Admin | 4.5
Leave a Reply