Mengenal Ciri Ciri Burung Branjangan yang Terbaik

Mengenal Ciri Ciri Burung Branjangan yang Terbaik – Alhamdulillah sahabat pada sore yang sangat indah kembali saya akan membagikan postingan terbaru dengan judul Mengenal Ciri Ciri Burung Branjangan yang Terbaik.Burung branjangan adalah salah satu burung kicau pandai meniru suara burung lain. Suara / lagu asli burung tersebut di alam liar hanya terdiri dari tiga lagu utama, yakni “tit” “cek” atau “cik” dan “tir”. Kelebihan burung branjangan yang tidak dimiliki burung lain adalah mampu berkicau sambil terbang di tempat. Di alam bebas, burung ini suka terbang secara memanjat dan terus membumbung ke atas, sambil berkicau sampai tidak terlihat, dan tiba-tiba sudah meluncur sampai di tanah.

Mengenal Ciri Ciri Burung Branjangan yang Terbaik

Mengenal Ciri Ciri Burung Branjangan yang Terbaik

 

1. Burung branjangan di alam ( habitat )

Burung ini juga termasuk burung tanah, istilah asing ’bushlark’ artinya burung semak kecil periang. Makanan utama biji-bijian, padi, serangga, dan pucuk tanaman muda. Jika sudah musim berkembang biak tiba, bulan Maret hingga September, dengan masa puncak dari mulai Maret sampai Agustus, burung branjangan cepat sekali melakukan perkawinan dan bertelur hampir setiap bulan.

Di alam bebas branjangan menyukai tempat kering, pada kawasan tanah gersang atau setengah kering, rumput, stepa, kawasan berbatu karang dan gunung pasir. Di Pulau Jawa jika musim panen tebu dan musim atau panen kedelai, burung Branjangan selalu muncul membuat sarang di tempat-tempat kering dan batuan-batuan. Kicau nyaring dan kadang dengan gaya ngelepar menjadi hiburan tersendiri bagi petani tebu.

Burung Branjangan menyukai tempat kering di kawasan tanah gersang atau setengah kering, rumput, stepa, kawasan berbatu karang dan gunung pasir. Burung yang suka bertengger di atas batu ini berasal dari benua Asia dan Afrika. Di Indonesia Branjangan mudah berkembang biak di daerah Jawa, Irian Jaya, Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara dan Bali. Salah satu jenis Branjangan yang biasa dikenal di kalangan penggemar burung adalah Mirafra Javanica.

2. Ciri ciri burung brajangan

Saat ini burung Branjangan di pasaran sedikit sekali yang berasal dari Jawa, yang terkenal dengan burung branjangan yang bagus. Namun Branjangan yang banyak di pasar berasal dari daerah Nusa Tenggara dan Sumatera.

Hobiis burung, branjangan populer adalah asal dari Pulau Jawa, khususnya khususnya Jawa Tengah ( Petanahan dan Kali Ori ) dan Jogja ( daerah Wates ). Burung dari kawasan ini memiliki ciri-ciri yang disukai penggemar branjangan. Antara lain adalah mental baik, body besar dan volume suara keras dan variasi suara beragam, serta corak batik atau warna menarik, kemerahan atau kekuningan.

Di Pulau Jawa, Branjangan dibagi dalam beberapa daerah penyebaran, seperti Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat.

Untuk wilayah Jawa Barat yang menjadi maskot bagi penggemar Branjangan adalah berasal dari daerah Sapan. Burung dari daerah Sapan terkenal dengan suara nyaring melengking dan kristal, jambul juga menjadi ciri khas burung ini. ( jambul patent ).

Branjangan dari daerah Sapan jika dilihat dari fisika tidak terlalu besar kira kira 12-13 cm. berbeda jika dibanding dengan branjangan dari daerah Jawa Tengah dapat mencapai ukuran tubuh 12-14 cm. Pola batik burung dari daerah Sapan cenderung berpola lebih gelap dengan corak batik warna hitam hampir sama dengan branjangan asal NTB dan Sumbawa.

Burung branjangan dari Sri Kayangan, Kulonprogo (Wates) berdaya tarik tinggi karena ciri fisik lebih besar dan memiliki warna dan pola batik lebih menarik. Sedangkan branjangan dari Nusa Tenggara mempunyai corak warna bulu lebih pekat. Ukuran tubuh juga tidak sebesar jenis branjangan dari daerah lain, seukuran 10-12 cm.

Demikianlah artikel tentang Mengenal Ciri Ciri Burung Branjangan yang Terbaik, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin3x, dan sampai jumpa kembali pada update artikel terbaru lainnya bersama dengan kami di hewanternak.com

Kata Kunci :

jenis branjangan terbaik,jenis branjangan,jenis burung branjangan,branjangan terbaik,burung branjangan,jenis jenis branjangan,foto branjangan jawa tengah,jenis branjangan yang bagus,ciri branjangan bali,jenis branjangan paling bagus
Mengenal Ciri Ciri Burung Branjangan yang Terbaik | Admin | 4.5
Leave a Reply