Mengenal Burung Seledang Biru

Mengenal Burung Seledang Biru – Burung selendang biru merupakan salah satu jenis burung kicau tipe petarung yang banyak tersebar di Asia tenggara, China, dan Semenanjung Malaysia. Di Indonesia sendiri burung selendang biru banyak dijumpai di hutan-hutan primer dan pegunungan yang tersebar di daerah Kalimantan, Jawa dan Sumatera.

Meski kurang begitu banyak diminati oleh penggemar burung kicau, suaranya yang merdu dan mengalun sangat cocok untuk mastering burung kicau seperti kenari, murai batu dsb. Selendang biru juga kurang begitu atraktif meski berlabel petarung, dengan kata lain hanya mengikuti mood saja.

Mengenal Burung Seledang Biru

Mengenal Burung Seledang Biru

 

Burung ini mulai popular ketika ramainya kontes burung dengan suara yang lebih bervariatif. Ya, burung selendang biru semakin banyak diminati untuk dijadikan burung masteran. Jenis perawatan yang relatif mudah dan sama seperti perawatan burung kicau sejenis kenari atau burung kicau tledekan laut lainnya.

Ciri-Ciri Burung Selendang Biru

Burung selendang biru berukuran medium (16cm) dan memiliki warna dominan biru muda (jantan) dan kecoklatan (betina). Selendang biru jantan memiliki perut putih keabuan dan penutup ekor bawah warna putih. Sedangkan si betina, tubuh bagian atas coklat abu dan lingkar mata kuning kecoklatan. Burung selendang biru juga memiliki suara yang bagus dengan ciri khas kicau tledekan laut yaitu nyanyian manis, nyaring, menurun kemudian tiga nada terakhir menaik lagi. Selain itu juga kadang terdengar suara parau dari kerongkongannya.

Perawatan Burung Selendang Biru

Bagi sobat burung kicau yang ingin memelihara dan merawatnya, namun masih belum tahu caranya. Berikut tips cara merawat Burung Selendang Biru:

  1. Sama seperti merawat burung kicau lainnya, langkah awal adalah memilih jenis kelamin burung selendang biru yang jantan. Ya, karena selain suka berkicau, sang jantang umumnya memiliki warna yang lebih menarik.
    Selanjutnya, setiap paginya pada sekitar jam tujuh angin-anginkan burung diteras rumah atau tanah lapang. Kemudian burung dimandikan dengan cara disemprot menggunakan spray atau diberi cepuk didalam kandang.
  2. Selanjutnya dijemur dan diangin-anginkan kembali selama kurang lebih 1 -2 jam jika matahari sangat cerah atau bisa lebih lama jika matahari kurang cerah.
  3. Berikan juga makanan yang berkualitas seperti voer yang berkualitas, di toko burung sudah banyak tersedia.
    Sebagai makanan tambahan, berikan juga jangkrik ukuran kecil setiap pagi dan sore masing-masing 2 – 3 ekor. Alternative lain, bisa juga dengan ulat hongkong dan juga berikan kroto cukup 2 hari sekali 1 sendok teh saja atau cukup 2 kali dalam 1 minggu.
  4. Langkah terakhri adalah menjaga lingkungan burung selendang biru yang berpengaruh pada kondisi fisik dan psikis. Jauhkan dan hindarkan dari tikus, kucing, anjing dan hewan lainnya, karena akan mempengaruhi seni dan kualitas suara kicauan burung selendang biru

Demikianlah artikel tentang Mengenal Burung Seledang Biru, semoga artikel ini bisa bermanfaat unuk kita semua amin 3x, sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya hanya bersama dengan kami di hewanernak.com

Mengenal Burung Seledang Biru | Admin | 4.5
Leave a Reply