Mengenal Burung Nuri Hitam dan Nuri Aru

Mengenal Burung Nuri Hitam dan Nuri Aru – Burung Nuri Hitam memiliki nama latin Chalcopsitta atra. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan beberapa nama seperti Black Lory, Rajah Lory, atau Red-quilled Lory. Burung ini merupakan anggota genus Chalcopsitta.
 
BURUNG NURI HITAM
Nuri Hitam merupakan spesies burung berukuran medium dengan panjang tubuh dewasanya sekitar 32 cm dengan berat badan antara 230-260g. Ciri khas burung nuri hitam adalah berbulu hitam dominan dengan paruh yang juga berwarna hitam. Kakinya berwarna abu-abu gelap, dengan ekor lapisan bawah berwarna kuning dan merah. Penampilan pejantan dan betinanya serupa.
Ada 3 sub-spesies Nuri hitam yang hidup di daerah penyebaran yang berbeda yaitu bernsteini (hidup Pulau Misool), atra (di Pulau Batanta, Pulau Salawati dan Daerah Kepala Burung bagian barat Papua), insignis (Daerah Kepala Burung bagian timur, Pulau Amberpon dan Onin serta Semenanjung Bomberai, Papua).
Habitat Burung Nuri Hitam adalah di daerah terbuka seperti kebun kelapa di daerah pesisir, savana, tepi hutan, mangrove, dan tegakan ekaliptus dengan ketinggian hingga 200 m. Mereka hidup secara berkelompok. Makanan Nuri Hitam di alam liar adalah kelapa dan Flowering Schefflera shrubs (maav saya tidak bisa menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia, he).
Populasi Burung Nuri Hitam menurut data Red List IUCN berada pada status “Resiko Rendah (LC)”. Sementara status perdagangan internasionalnya adalah “Appendix II”, dapat diperdagangkan dengan mengikuti peraturan tertentu.
BURUNG NURI ARU
32 cm. Nuri besar, berwarna hijau kusam, dengan coretan hijau dan kuning yang jelas. Terdapat bercak merah pada mahkota, paha dan ekor yang bentuknya bervariasi antar individu. Ketika terbang: penutup sayap bawah merah (jenis dari Barat Daya) atau hijau (jenis dari Tenggara) dan bulu terbang biasanya berbercak kuning. bulu sering terlihat hitam dari jauh.
  • Suara

 

Lengkingan agak berdengung, mirip suara Kepudang-sungu kepala hitam.
Belum tersedia rekaman suara yang diambil dari wilayah Indonesia.
  • Persebaran dan Ras

 

Bagian selatan pulau Papua, dari daerah Port Moresby (Peg. Kemp Welch) ke barat sampai Teluk Triton dan Teluk Cendrawasih, juga di Kep. Aru. Terdapat tiga sub-spesies yang dikenal:
Scintillata (Temminck, 1835) – Papua bagian selatan dari Teluk Triton ke timur sampai Sungai Fly.
chloroptera (Salvadori, 1876) – Sungai Fly ke timur sampai Papua Nugini bagian tenggara.
  • Tempat Hidup dan Perilaku

 

Hidup berpasangan atau dalam kelompok kecil. mencari makan berupa nektar dan buah kecil di savana, tepi hutan, perkebunan kelapa, dan hutan mangrove sampai ketinggian 800m. Ketika terbang berpasangan, sering melakukan gerakan akrobat di angkasa.

Kata Kunci :

nuri aru,burung nuri aru,nuri hitam,nuri aru papua,Nuri papua warna hitam,habitat burung nuri,jenis burung nuri hitam,jual nuri black lory,Gambar nuri aru,nuri hitam papua
Mengenal Burung Nuri Hitam dan Nuri Aru | Admin | 4.5
Leave a Reply