Mengenal Burung Glatik Jawa

Mengenal Burung Glatik Jawa – Alhamdulillah sahabat ternak dimana saja berada pada kesempatan yang baik ini di sore hari ini saya admin hewanternak.com kembali akan memberikan update artikel terbaru dengan judulĀ Mengenal Burung Glatik Jawa.

Gelatik Jawa (Java Sparrow) adalah burung endemik asli dari Indonesia. Penyebarannya meliputi Jawa, Sumatra dan Bali. Burung ini biasanya hidup di sawah, hutan padang rumput dan hidup berkoloni. Kemudian oleh orang jepang dikembangkan, sehingga keluar warna putih polos (Albino) dan Belanda menyusul dengan menghasilkan warna Krem kecoklatan dan silver .

Mengenal Burung Glatik Jawa

Mengenal Burung Glatik Jawa

Gelatik (Padda) mencakup dua jenis burung pengicau dari selatan Indonesia. Kedua jenis ini adalah gelatik jawa (P. oryzivora) dan gelatik timor (P. fuscata). Pola warna keduanya agak bermiripan, dengan yang terakhir berukuran lebih kecil.

Burung ini hidup mengelompok, menyukai tempat lapang dengan banyak rerumputan. Makanan utamanya adalah bulir-bulir rereumputan, terutama padi. burung Gelatik Jawa sudah sulit ditemukan dan terancam punah di habitatnya. Penyebabnya adalah kerusakan alam, berkurangnya lahan hijau, penggunaan pestisida atau pupuk kimia pada pertanian, perubahan pergiliran tanaman padi, dan yang paling parah adalah penangkapan besar-besaran yang dilakukan oleh manusia yang dilakukan untuk bisnis.

Gelatik Jawa2Makanan alami dari burung Gelatik Jawa adalah biji-bijian seperti beras atau padi, serangga dan buah. Walaupun burung ini tadinya dibenci petani dan dikenal sebagai burung pengganggu, namun burung Gelatik Jawa kini telah menjadi salah satu burung idaman bagi penggemar burungDari segi bisnis, keuntungan beternak burung ini sangat menggiurkan karena tidak memerlukan modal yang sangat besar dan biaya perawatannya pun bisa dibilang murah. Tidak jarang peternak kelas kecil atau menengah berhasil meraup keuntungan antara jutaan hingga puluhan juta rupiah.

Banyaknya permintaan Burung ini meningkat di Eropa Dan Timur Tengah, hal ini terlihat dari postingan grup pecinta Gelatik Jawa di Facebook manca negara yang justru berhasil mencetak hybrid dari silangan penangkarannya sehingga mendapatkan mutasi warna yang lebih berbeda-beda. Dan mereka memiliki kebanggaan sendiri bila berhasil menangkarkan burung ini dan kabarnya sudah ada lomba tersendiri. Termasuk diantaranya adalah salah website dari luar negeri yang mengupas khusus tutorial secara lengkap tentang bagaimana cara beternak, perawatan dan genetika Gelatik Jawa. Sungguh memprihatinkan !! belum ada website yang seperti itu di Indonesia.

Demikianlah artikel tentangĀ Mengenal Burung Glatik Jawa, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin ya rabbal alamin dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya hanya bersama dengan kami di hewanternak.com

Mengenal Burung Glatik Jawa | Admin | 4.5
Leave a Reply