Mengenal Burung Glatik Batu

Mengenal Burung Glatik Batu – Alhamdulillah sahabat pecinta burung kicau dimanapun berada pada siang hari ini saya admin hewanternak.com kembali akan memberikan update artikel terbaru dengan judul Mengenal Burung Glatik Batu. Burung gelatik batu merupakan burung yang sangat indah dan memiliki kicauan yang sangat merdu, tidak kalah dengan burung kicauan jenis lainya.

Burung ini memiliki ciri yang khas dan sangat mudah mengenalinya, tubuh berukuran kecil kira- kira kurang lebih 13 cm, warna tubuh burung ini berwarna hitam, abu-abu dan putih, pada areal kepala dan kerongkongan berwarna hitam, serta terdapat bercak putih disisi muka dan terdapat strip putih pada sayapnya.

Mengenal Burung Glatik Batu

Mengenal Burung Glatik Batu

Burung gelatik batu ini memiliki sifat yang energik dan sangat lincah, aktif bergerak naik- turun di pucuk pohon atau areal tanah. Burung jenis ini senang berburu dalam kelompok atau berpasangan, di alam bebas jenis burung tersebut memakan berbagai jenis serangga, dan biasanya musim berkembangbiaknya adalah pada bulan april-juni.

PERBEDAAN BURUNG JANTAN DAN BETINA

Perbedaan pada burung gelatik batu jantan adalah terletak pada garis hitam yang melingkari leher memanjang ke dada sampai ekor. Sedangkan pada betina, garis hitam tersebut hanya sampai dada saja. Sangat mudah untuk dapat membedakan burung jantan dan betina pada burung gelatik batu muda, juga sudah terdapat ciri garis hitam ini khususnya pada burung jantan, walaupun warna tersebut agak samar. Jadi walau anda mendapatkan bakalan muda hutan, tetap saja dengan mudah langsung dapat membedakan antara burung betina atau burung jantan dari gelatik batu ini.

PAKAN

Pakan yang dapat di berikan kepada burung gelatik batu jika burung tersebut sudah memakan vour halus bisa juga diberikan ulat kandang , ulat hongkong maupun jangkrik yang berukuran kecil bisa diberikan tiap hari, apabila sudah rajin berkicau berikan kroto tiap 2 hari sekali.

PERAWATAN HARIAN

Merawat burung gelatik sangatlah sama halnya dgn merawat burung ocehan lainya. Sekarang burung gelatik batu mulai di buru oleh para penghobi burung karena suaranya yang nyaring dan ngerol yang rapat dan panjang, burung gelatik batu sering di jadikan pemaster untuk burung cendet. Burung gelatik juga bisa di master dengan suara burung lain seperti prenjak, ciblek, kenari, mantenan dan lain2.

Perawatan harian jam 05.30 burung di keluarkan untuk pengembunan supaya cepat bunyi, jam 07.30 burung di mandikan dan jemur sampai jam 11.00. Untuk pakan pagi dan sorè hari ulat hongkong 15-20 biji agar burung tercukupi nutrisinya dan burung rajin berkicau. Air minum ganti setiap hari dan selalu jaga kebersihan kandang agar burung tetap sehat

Pemberian extra fooding (EF) lainnya juga harus diperhitungkan. Misalnya jangkrik ukuran kecil, yang bisa diberikan dengan jumlah yang disesuaikan dengan setelan yang biasa anda terapkan. Jika tidak ada jangkrik, belalang hijau kecil yang biasa dijumpai di lapangan rumput bisa dijadikan alternatif EF terbaik untuk gelatik batu.

Perawatan harian burung gelatik batu ini tidak begitu merepotkan, cukup dimandikan dengan disemprot saja lalu dijemur dan melatih mental burung dengan sering di gantang dengan burung lainya, seperti: ciblek atau burung dengan ukuran yang hampir sama agar mendapatkan variasi suara yang cukup bervariasi . Untuk memancing agar rajin berkicau lebih baik dengan burung yang sudah gacor.

Demikianlah artikel tentang Mengenal Burung Glatik Batu, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin3x dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya hanya bersama dengan kami di hewanternak.com

Kata Kunci :

mengenal karakter burung gelatik batu
Mengenal Burung Glatik Batu | Admin | 4.5
Leave a Reply