Mengenal Ayam Kapas Secara Lengkap

Mengenal Ayam Kapas Secara Lengkap – Ayam kapas adalah salah satu ayam yang unik serta menggemaskan. Bentuk bulu yang putih serta lembut saat di pegang menambah keunikan ayam jenis kapas ini sebagai jenis ayam hias. Pagi penggemar ayam hias jenis ayam kapas ini mungkin ada yang belum tau kalau ada warna lain selain warna putih. Walaupun jarang di temukan ayam kapas coklat maupun ayam kapas hitam merupakan jenis lain dari ayam kapas. Ayam kapas juga bisa di silangkan dengan warna lain sehingga muncul ayam jenis kapas dengan warna baru.

Ayam ini mempunyai karakter yang unik. Ayam jenis kapas yang termasuk jenis ayam hias ini konon berasal dari daratan Cina yang disebarluaskan oleh Marcopolo ke berbagai negara di Eropa. Ayam ini memliki folikel bulu tidak melekat satu dengan lainnya sehingga ayam ini nampak seperti kapas atau sutra.

Mengenal Ayam Kapas Secara Lengkap

Mengenal Ayam Kapas Secara Lengkap

 

Dari sekian banyak jenis ayam, ada salah satu yang menurut saya unik dari segi posturnya yaitu ayam kapas, mungkin ada sebagian dari kalian yang belum tahu akan jenis ayam ini, untuk itu kali ini saya akan sedikit mengulasnya, ayam ini merupakan ras ayam buras yang dibudayakan di Indonesia, khususnya daerah Jabodetabek. Ayam ini berasal dari dataran Cina yang keunikannya terlihat dari bulunya, pada umumnya ayam memiliki bulu yang sama namun untuk jenis ini bulunya jauh lebih terlihat halus dan lembut yang menyerupai kapas yang menyelimuti sekujur tubuhnya dari kepala sampai kaki.

Saking lembutnya bulu tersebut hingga ada yang beranggapan bahwa ayam kapas merupakan hasil silangan antara ayam dan kelinci sehingga menghasilkan bulu yang lembut seperti kelinci sehingga juga disebut sebagai ayam kelinci. Ayam buras sejatinya memiliki potensi yang tinggi untuk meningkatkan perekonomian karena mempunyai produktifitas telur yang lumayan banyak, begitu juga dengan ayam kapas yang mempunyai produktifitas telur antara 164 butir per tahun dengan berat rata-rata antara 32.9 gram. Namun ayam ini juga memiliki kelebihan dan juga kekurangan yang ada, antara lain :

Kelebihan Ayam Kapas

  1. Mempunyai daya tahan tubuh yang tinggi sehingga tahan terhadap penyakit.
  2. Gampang beradaptasi dengan lingkungan baru.
  3. Mempunyai warna bulu putih halus seperti kapas.
  4. Mempunyai jambul dikepalanya baik jantan maupun betina.
  5. Konsumsi pakan relatif sedikit antara 80-90 gram.
  6. Daya tetas telurnya lumayan baik.

Kekurangan Ayam Kapas

  1. Warna dagingnya hitam jadi jarang yang suka.
  2. Warna bulunya hanya putih.
  3. Harga bibitannya lumayan mahal.
  4. Hanya sedikit peminat dari ayam kapas ini.

Demikianlah artikel tentang Mengenal Ayam Kapas Secara Lengkap, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin3x dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya hanya bersama dengan kami di hewanternak.com

Mengenal Ayam Kapas Secara Lengkap | Admin | 4.5
Leave a Reply