Karakteristik dan Ciri Fisik Burung Jalak Kapas

Karakteristik dan Ciri Fisik Burung Jalak Kapas – Alhamdulillah sahabat pecinta burung kicau dimanapun berada pada kesempatan yang baik ini saya admin dari hewanternak.com kembali akan memberikan update artikel terbaru dengan Judul Karakteristik dan Ciri Fisik Burung Jalak Kapas. Di Indonesia kita banyak menjumpai berbagai jenis burung khususnya burung kicau mulai dari Macam jenis Murai Batu, Anis Merah, Burung Madu atau yang terkadang disebut Burung Kolibri, Burung Lovebird dan juga burung Jalak-Jalakan. Popularitas burung-burung tersebut boleh dikatakan cukup stabil di tanah air mengingat banyaknya lomba-lomba serta para peternak yang terus berusaha melestarikan kekayaan hayati tersebut.

Karakteristik dan Ciri Fisik Burung Jalak Kapas

Karakteristik dan Ciri Fisik Burung Jalak Kapas

 

Karakteristik Burung Jalak Kapas

Salah satu burung jalak yang banyak penggemarnya adalah burung jalak kapas. Mungkin sebagian dari anda sudah pernah mendengar jenis burung Jalak Kapas ini. Sebenarnya burung jalak kapas ini bukanlah burung endemik Indonesia, akan tetapi datang dari luar negeri.

Burung ini pada umumnya bermigrasi ke Indonesia dari China agar memperoleh suhu udara yang hangat. Burung Jalak Kapas ini sering dikenal juga dengan sebutan Burung Jalak Cina serta mempunyai nama Latin Sturnus Sturninus.

Pada umumnya, Jalak kapas ini gampang dijumpai di pasar burung dalam bulan-bulan tertentu. Antara lain sejak bulan Oktober sampai dengan bulan Maret. Seringnya dijual dalam bentuk ombyokan atau dalam jumlah cukup banyak.

Sama halnya seperti burung anis siberia, burung jalak kapas ini punya habitat asli yaitu di kawasan Siberia, China, dan punya habitat di kaki Pegunungan Himalaya.Pada saat memasuki musim dingin, mereka akan bermigrasi di wilayah selatan, khususnya wilayah Asia Tenggara, termasuk juga di Indonesia.

Di negara Indonesia ini, jalak kapas kerap bertempat pada kawasan Sunda Besar. Antara lain di pulau Sumatera, Kalimantan, dan pulau Jawa.

Ciri Fisik Burung Jalak Kapas

Burung Jalak kapas jika dalam bahasa Inggris disebut purple-backed starling ataupun disebut daurian starling.

Yang termasuk burung dari keluarga Sturnidae, ataupun keluarga dari burung jalak-jalakan. Panjang tubuh burung ini lebih kecil jika dibandingkan keluarga jalak-jalakan yang lainnya.

Yaitu hanya memiliki panjang sekitar 18 cm, dengan punggung berwarna gelap, kepala dan juga dada yang berwarna abu-abu. Sedangkan pada bagian sayap hitam-hijau berkilau dilengkapi garis sayap putih yang cukup mencolok.

Walaupun sekilas tampak sama atau mirip, burung jalak kapas jantan serta betina dapat dibedakan dari warna bulu yang berada di bagian punggung atau bagian tubuh atas.

Karakteristik dan Ciri Fisik Burung Jalak Kapas | Admin | 4.5
Leave a Reply