Jenis Lovebird, Lovebird Kacamata, Lovebird Hias dan Lovebird Barong

Jenis Lovebird – Pada kesempatan kali ini admin hewanternak.com akan berbagi tentang Jenis Lovebird, khusus bagi anda pecinta burung lovebird yang sedang mencari informasi Jenis Lovebird. Sebelumnya admin juga sudah berbagi tentang Lovebird Lutino.
 
Burung yang memiliki warna cantik dan bentuk tubuh yang ideal ini telah menjadi salah satu bagian burung yang wajib dimiliki oleh kicau mania indonesia, burung lovebird memang dikenal memiliki keunggulan dalam bidang warna dan bentuk. Selain itu burung lovebird terkenal memiliki suara tembakan yang rapat dan cerewet sehingga sangat cocok digunakan sebagai pancingan burung berkicau. Tembakan burung lovebird yang relatif rapat dan panjang sering kali dijadikan sebagai bahan untuk memaster burung lain yang ditujukan dalam kontes suara.
Namun tidak banyak orang yang mengenal jenis-jenis lovebird, kebanyakan orang di indonesia hanya mengenal burung lovebird jenis kacamata (klep) yang memang mendominasi di Indonesia. Selain memiliki warna yang sangat banyak beragam burung lovebird jenis klep memiliki suara yang tegas dan lebih sering ngekek/nembak, sehingga bagi masyarakat indonesia yang lebih menyukai keindahan suara burung dibandingkan dengan keindahan warna dan bentuk burung itu lebih memilih burung Lovebird jenis kacamata (Klep).

Artikel terkait : Suara Lovebird atau Ngekek Lovebird Panjang dan Merdu

Jenis lovebird yang menyebar di Indonesia dilihat dari segi fisik terbagi menjadi tiga yaitu:
  • Lovebird kacamata (klep), saya yakin burung lovebird jenis ini adalah jenis lovebird yang pertama kali anda lihat bahkan mungkin yang pertam kali anda miliki. Mengapa ? karena lovebird jenis kacamata adalah lovebird yang paling sering dipelihara di Indonesia. Lovebird ini  memiliki ciri khas kacamata berwarna putih di kedua matanya. Sedangkan warna tubuh dari lovebird kacamata sangat beraneka dan berbeda-beda, meski yang paling banyak ditemui adalah jenis lovebird kacamata hijau standart.
    Lovebird kacamata
    Lovebird kacamata
  • Lovebird Hias (Non Klep), lovebird yang memiliki aneka warna dengan paruh berwarna putih dan mata yang bersih tanpa kacamata ini mulai dilirik oleh pecinta lovebird. Berbagai warna yang dapat dikombinasikan dengan pengawinan yang tepat akan menghasilkan warna baru. Pada tahun 2014 lovebird non klep opaline menjadi perhatian banyak peternak lovebird, sehingga mereka yang mulanya berternak lovebird klep juga mulai membudidayakan lovebird jenis non klep.
    Lovebird Hias
    Lovebird Hias
  • Lovebird barong, jenis lovebird ini adalah hasil kawin silang beda jenis yakni antara lovebird kacamata dan hias. lovebird jenis barong memiliki ciri berupa paruh berwarna merah pudah, klep tipis, dan tubuh yang besar. Beberapa peneliti berpendapat bahwa lovebird barong tidak akan bisa menghasilkan keturunan karena dinilai mandul. Namun beberapa peternak ada yang menyangkal pernyataan itu karena beberapa peternak telah membuktikan bahwa ada jenis lovebird barong yang bisa menghasilkan keturunan.
    Lovebird barong
    Lovebird barong
Di Indonesia jenis lovebird yang tersebar di pasaran adalah ketiga jenis tersebut, adapun macam jenis lovebird klep, macam-macam jenis lovebird klep dan macam-macam jenis lovebird barong dapat dibedakan dari warna burung itu sendiri. Meski ada juga yang membedakan jenis lovebird klep dilihat dari warna paruhnya.
Demikianlah info menarik tentang Jenis Lovebird dari admin hewanternak.com, semoga bermanfaat. Jangan lupa lihat juga Download Suara Lovebird Kicau Ngekek Panjang MP3.

Kata Kunci :

jenis lovebird non klep,ciri ciri lovebird opaline,lovebird non klep opaline,lovebird barong,ciri ciri lovebird barong,kelebihan lovebird barong,lovebird hias,love bird barong,Jenis Love bird non klep,lovebird non klep hijau
Jenis Lovebird, Lovebird Kacamata, Lovebird Hias dan Lovebird Barong | Admin | 4.5
Leave a Reply