Jenis Jenis Sapi Potong

Jenis Jenis Sapi Potong – Pada kesempatan ini admin Hewan Ternak akan berbagi informasi mengenai Jenis Jenis Sapi Potong, khusus bagi anda yang ingin mencoba berbisnis sapi potong. Sebelumnya admin juga sudah berbagi tentang Berbisnis Sapi Madura Yang Sangat Menjanjikan.
Berdasarkan sumbernya, terdapat tiga golongan sapi dalam usaha ternak sapi di Indonesia, yakni sapi lokal, sapi impor dan hasil silangannya. Berikut ini beberapa jenis sapi yang paling banyak beredar dan dibudidayakan di Indonesia:

a. Sapi ongole

Sapi ini berasal dari India, ternak sapi ongolecukup banyak di Indonesia. Terdapat dua jenis tipe sapi ongole yang populer yakni peranakan ongole (PO) dan sumba ongole (SO). Sapi ongole gampang dikenali. Warna kulitnya putih, disekitar kepala sedikit lebih gelap cenderung abu-abu. Postur tubuhnya agak panjang, leher sedikit pendek dan kaki terlihat panjang.
Sapi ongole
Sapi ongole mampu beradaptasi dengan baik di iklim tropis, oleh karena itu para peternak di Indonesia menyukainya. Hanya saja pertumbuhannya cenderung lambat. Sapi ini akan mencapai dewasa pada umur 4-5 tahun. Banyak peternak yang menyilangkan sapi ongole dengan jenis lain.

Artikel Terkait :

  • Mengenal Berbagai Jenis Sapi
  • Berbagai Macam Penyakit Pada Sapi Serta Cara Mengatasinya
  • Cara Memelihara Sapi Agar Sehat
  • Cara Mudah Menggemukkan Sapi

 

b. Sapi bali

Sapi bali memiliki warna tubuh coklat, warnanya akan semakin gelap dengan bertambahnya umur sapi. Sapi bali merupakan jenis sapi lokal yang paling banyak diternakkan di Indonesia. Disukai karena tekstur dagingnya yang lembut dan sedikit lemak. Ternak sapi bali sangat cocok untuk daerah tropis dengan ketinggian di bawah 100 meter dpl. Banyak dibudidayakan di daerah Bali, NTB, NTT dan Sulawesi.
Sapi bali

c. Sapi impor

Dewasa ini, perkembangan teknologi peternakan memungkinkan sapi impor dari Amerika, Eropa, Australia yang mempunyai iklim sub tropis bisa dibudidayakan di Indonesia. Sapi-sapi tersebut memiliki keunggulan dalam ukuran tubuh dan pertumbuhan dagingnya. Beberapa yang paling terkenal diantaranya sapi limosin dari Perancis, sapi aberdeen angus dari Skotlandia, sapi simental dari Swiss, sapi brahman dan sapi brangus dari AS.
Sapi Import
Demikianlah info singkat dari admin tentang Jenis Jenis Sapi Potong dari admin, semoga bermanfaat dan jangan lupa lihat juga Cara Budidaya Sapi Bali Serta Ciri-irinya Yang Perlu Diketahui.
Jenis Jenis Sapi Potong | Admin | 4.5
Leave a Reply