Jenis Hewan Ternak

Jenis Hewan Ternak – Jenis Hewan Ternak secara garis besar di Indonesia dibagi menjadi 3 bagian, yaiut Hewan ternak besar, hewan ternak sedang dan unggas. Ketiga bagian jenis hewan ternak ini menjadi salah satu andalan peternakan di Indonesia.

Agar kita bisa memahami lebih jauh Jenis Hewan Ternak, maka sangat penting kita mengetahui jenis peternakan yang ada di Indonesia.

Peternakan di Indonesia dapat dibedakan atas :

  • Ternak besar, yaitu sapi, kerbau, kuda.
  • Ternak sedang, kambing, domba, babi
  • Ternak unggas, yaitu ayam, itik, burung.

Dilihat dari jenisnya, pengembangan ternak dapat dikelompokan menjadi ternak hewan besar, ternak hewan kecil, dan ternak unggas.

Jenis-jenis hewan besar adalah sebagai berikut :

  • Sapi, manfaat yang diambil dari ternak ini adalah tenaga, daging, dan susunya. Peternakan sapi/lembu banyak diusahakan di Jawa, Madura, dan Nusa Tenggara.
  • Kerbau, ternak ini dapat dimanfaatkan tenaga dan daginnya. Ternak ini tersebar di seluruh Indonesia, misalnya di Jawa, Sumatera Barat, Aceh, Kalimantan, Sulawesi Selatan, dan Flores.
  • Kuda, manfaat yang dapat diambil adalah tenaganya. Jenis-jenis kuda yang terkenal di tanah air kita, yaitu kuda Batak, terdapat di Tapanuli, kuda Makasar, banyak terdapat di Sulawesi, kuda Sandel dan kuda Bima, bandyak terdapat di Nusa Tenggara (Sumba, Sumbawa, Sawu, Roti, dan Timor).
    Jenis Hewan Ternak

Jenis-jenis hwan sedang atau kecil adalah sebagai berikut :

  • Kambing dan biri-biri, dari ternak ini dapat diambil manfaatnya yaitu daging, susu, dan bulunya (untuk bahan wol). Kambing dan biri-biri di Indonesia merupakan ternak keluarga. Oleh karena itu hanya diambil dagingnya saja atau sebagai ternak simpanan yang sewaktu-waktu dapat dijual. Ternak ini banyak dijumpai di daerah pedesaan Jawa.
  • Kelinci, ternak ini terutama diambil dangingnya. Pada umumnya merupakan ternak keluarga. Ternak kelinci sering pula diambil kulitnya untuk membuat topi dan berbagai kerajinan lainnya.
  • Ternak unggas yang meliputi :
  1. Ayam
  2. Itik atau bebek
  3. Burung Puyuh

Hampir setiap keluarga di pedesaan Indonesia memelihara ayam dan itik atau bebek, karena betermsk ayam dan itik tidak memerlukan syarat pemeliharan khusus. Manfaat yang diambil dari ternak unggas adalah daging dan telurnya. Selain itu sering juga diambil bulunya untuk  pembuatan kemucing (sulak) yaitu alat pembersih meja dan sebagainya. Khususnya itik atau bebek dan angsa bulunya dapat digunakan untuk pembuatan suttlekock (bola bulu tangkis). [ht]

Kata Kunci :

binatang ternak,kelompok hewan ternak,nama hewan ternak,contoh hewan ternak,macam macam binatang ternak,contoh binatang ternak,jenis binatang ternak,jenis ternak,macam binatang ternak,contoh hewan ternak hias
Jenis Hewan Ternak | Admin | 4.5
Leave a Reply