Jenis dan Keunggulan Ayam Arab

Jenis dan Keunggulan Ayam Arab – Alhamdulillah sahabat dimanapun berada puji syukur atas nikmat kesehatan yang berikan oleh Allah S.W.T atas nikmat kesehatan yang di berikannya sehingga pada malam hari ini saya admin dari hewanternak.com kembali akan memberikan update artikel terbaru dengan Judul Jenis dan Keunggulan Ayam Arab. Ayam arab merupakan keturunan dari ayam brakel kriel-silver dari Belgia.Kebanyakan masyarakat memanfaatkan ayam arab karena produksi telurnya tinggi, mencapai 250-260 butir per tahun dengan berat telur 40-45 gram.

Jenis dan Keunggulan Ayam Arab

Jenis dan Keunggulan Ayam Arab

 

Jenis Ayam Arab

Dari beberapa jenis ayam petelur yang ada, ayam arab merupakan salah satu yang mulai banyak diminati oleh peternak karena ayam ini memiliki keunggulan dalam menghasilkan telur yang tinggi. Produktifitas telurnya sendiri mencapai 190 sampai 250 butir per tahun dengan berat rata-rata 40 gram, hal itulah yang menyebabkan ayam ini mulai banyak diminati.

Selain keunggulan produktifitas telurnya, ayam arab juga dapat menghasilkan daging yang lumayan baik karena bila ayam ini dirawat dan diberi makan dengan baik maka akan menghasilkan bobot antara 4 sampai 5 kg selama 2 sampai 3 bulan. Namun daging ayam arab kurang disukai oleh masyarakat karena warna dagingnya agak kehitaman dan juga lebih tipis dibandingkan ayam kampung.

Ayam arab sendiri digolongkan menjadi dua jenis, yang membedakannya dari kedua jenis tersebut adalah warna bulunya yaitu warna gold atau merah dan warna silver atau perak. Ayam arab betina tidak memiliki sifat mengerami jadi telurnya biasanya ditetaskan dengan mesin tetas telur atau dierami ayam jenis lain, untuk masa produktifitas bertelurnya sendiri mencapai 1.5 tahun. Keunggulan-keunggulan lain dari ayam ini dapat dilihat dibawah ini.

Keunggulan ayam arab

  1. Berat telurnya rata-rata bisa mencapai 40 gram.
  2. Warna cangkang telurnya bervariasi, yaitu putih kecoklatan dan juga putih kekuningan.
  3. Harga jual indukannya lumayan tinggi.
  4. Konsumsi pakanya relatif kecil dibanding yang lain.
  5. Untuk betina masa bertelurmya lumayan panjang.
  6. Harga DOCnya lumayan rendah tapi kadang-kadang tinggi.

Kelemahan ayam arab

  1. Warna kulit dan dagingnya agak kehitaman serta dagingnya juga tipis.
  2. Ayam yang betina tidak memiliki sifat mengerami telur.
  3. Bobot ayam dewasa rendah hanya sekitar 1 sampai 1,2 kg

Demikianlah artikel tentang Jenis dan Keunggulan Ayam Arab, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin3x dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya hanya bersama dengan kami di hewanternak.com

Jenis dan Keunggulan Ayam Arab | Admin | 4.5
Leave a Reply