Jenis Burung Manyar Sebagai Burung Masteran

Jenis Burung Manyar Sebagai Burung Masteran – Alhamdulillah sahabat dimanapun berada pada malam hari saya admin dari hewanternak.com kembali akan memberikan update artikel yang terbaru dengan Judul Jenis Burung Manyar Sebagai Burung Masteran. Burung manyar mungkin masih dipandang sebelah mata oleh sebagian kicaumania di Indonesia.

Burung ini sering kita jumpai dalam kandang ombyokan di beberapa pasar burung. Padahal kalau kita bisa merawat dan melatihnya sejak muda atau trotolan, kemampuan berkicau burung manyar tidak kalah dari kenari, blackthroat, dan mozambik. Bahkan, burung manyar bisa dimaster sekaligus dijadikan burung masteran.

Jenis Burung Manyar Sebagai Burung Masteran

Jenis Burung Manyar Sebagai Burung Masteran

 

Selama ini, burung manyar hanya dikenal dari suaranya yang melengking tinggi, dengan beberapa variasi suara yang oleh sebagian kicaumaniia dinilau kurang enak didengar. Tetapi, dalam perkembangannya, burung manyar ini bisa dilatih dengan berbagai macam suara, terutama suara burung kenari, blackthroat, dan mozambik.

Burung manyar memiliki kemampuan meniru kicauan ketiga jenis burung tersebut dengan sangat fasih. Bahkan tidak menutup kemungkinan kalau burung ini mampu meniru suara kicauan jenis burung lainnya. Manyar termasuk dalam keluarga Ploceidae. Di seluruh dunia terdapat 119 spesies burung yang termasuk dalam keluarga ini. Dari jumlah tersebut, empat spesies di antaranya terdapat di Asia Tenggara, dan tiga di antaranya bisa dijumpai di Indonesia, yaitu :

  1. Manyar tempua (Ploceus philippinus)
  2. Manyar jambul (Ploceus manyar)
  3. Manyar emas (Ploceus hypoxanthus)

Perilaku reproduksi burung manyar

Burung manyar memiliki keunikan dalam membuat sarang. Seperti halnya burung namdur yang membuat sarang secantik mungkin untuk memikat burung betina, burung manyar jantan juga memiliki perilaku yang demikian. Burung manyar jantan mulai menenun sarangnya menjelang musim kawin tiba. Si jantan akan membangun sarang yang cantik, untuk dipersembahkan kepada burung betina.

 

Jika sarang memang oke, burung jantan berhak mengawininya. Jika sarang acak-acakan, murahan, maka si jantan akan tereliminasi sebagai calon pasangannya.

Sarang burung manyar

Berbagai bentuk sarang burung manyar. Sarang manyar memiliki bentuk yang sangat rumit. Burung jantan akan menganyam sarang begitu detail, lengkap dengan “pintu tipuan”. Disebut tipuan, karena pintu ini sengaja dibuatnya untuk menipu burung-burung predator yang kerap masuk ke dalam sarangnya.

Pintu tipuan tampak begitu jelas terbuka, namun sebenarnya buntu di dalam. Adapun pintu asli menuju sarang malah tersembunyi. Ketika pemangsa mencoba memasuki sarang melalui pintu tipuan, maka dia akan menjumpai area buntu.

Demikianlah artikel tentang Jenis Burung Manyar Sebagai Burung Masteran, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin3x dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya hanya bersama dengan kami di hewanternak.com

 

 

Jenis Burung Manyar Sebagai Burung Masteran | Admin | 4.5
Leave a Reply