Habitat, Makanan dan Konservasi Hewan Koala

Habitat, Makanan dan Konservasi Hewan Koala – Pembahasan masih seputar tentang Hewan Koala, kali ini akan dibahas tentang Habitat, Makanan dan Konservasi Hewan Koala. Sebelumnya Admin Hewanternak.com juga sudah berbagi tentang Siklus Hayati Hewan Koala.

Habitat, Makanan dan Konservasi Hewan Koala
Habitat, Makanan dan Konservasi Hewan Koala

Habitat dan Makanan Koala

Koala mendiami wilayah Queensland, New South Wales, Victoria, dan Australia Selatan. Habitatnya bervariasi dari pesisir pantai hingga hutan eukaliptus. Koala hayati berkelompok.
Hewan Koala merupakan hewan teritorial. Mereka memerlukan wilayah nan luas agar bisa mempertahankan populasinya dan sebagai wahana koala-koala muda buat berekspansi. Koala berkomunikasi dengan kelompoknya dengan menggunakan suara menyerupai mengorok atau bersendawa.
Koala memakan daun dan tunas pohon eukaliptus. Di Australia terdapat lebih dari 600 spesies eukaliptus. Namun, koala hanya memakan sekitar 20 spesies eukaliptus.
Dalam area tertentu, hanya ada tiga hingga empat spesies eukaliptus nan dimakan secara teratur. Kadang-kadang koala juga memakan spesies dan pohon lain atau hanya digunakan sebagai loka tidur.
Karena sangat suka daun eukaliptus, seekor koala dapat tinggal seharian di pohon eukaliptus. Daun eukaliptus memiliki kandungan protein nan rendah, sulit (lama) dicerna, mengandung fenolik dan terpen nan beracun bagi banyak spesies.
Seperti wombat dan kukang, koala memiliki metabolisme nan sangat lambat. Ia pun sangat sporadis bergerak, dapat berdiam diri selama 16 – 18 jam dalam sehari dan kebanyakan tidur. Koala dapat bersikap sangat militan kepada sesamanya. Sikap agresifnya ditunjukkan dengan menendangkan kaki depan mereka ke musuh dan menggigitnya. Koala juga kadang terlibat dalam perkelahian singkat.
5 – 6 jam sehari dalam hayati koala dihabiskan buat makan. Mereka suka makan kapan saja, tetapi paling sering di malam hari. Dalam 1 hari, seekor koala biasanya memakan 500 gram daun eukaliptus; mengunyahnya hingga benar-benar lembut baru kemudian menelannya. Organ hati koala mampu menetralisir racun nan terdapat pada daun ini.

Konservasi Koala

Koala kini berada di ambang kepunahan. Di alam liar, hanya ada sekitar 100.000 koala nan masih hidup. Koala terancam punah sebab banyak diburu pada abad ke-20 buat diambil bulunya atau dijadikan binatang peliharaan. Kini, memelihara koala ialah hal nan melanggar hukum. Hilangnya habitat hayati koala juga menyebabkan keberadaan koala semakin terpojok.
Untuk melindunginya, pemerintah Australia mengeluarkan pengumuman bahwa koala nan ada di mana pun di Australia (terutama di Queensland dan New South Wales) ialah hewan nan dilindungi sebab terancam punah.
Demikianlah informasi singkat tentang Habitat, Makanan dan Konservasi Hewan Koala. Semoga bermanfaat dan jangan lupa lihat juga Jenis-Jenis Hewan Koala
Habitat, Makanan dan Konservasi Hewan Koala | Admin | 4.5
Leave a Reply