Ciri Ciri Ayam Pelung Secara Lengkap

Ciri Ciri Ayam Pelung Secara Lengkap – Alhamdulillah sahabat dimanapun berada pada kesempatan yang baik ini di pagi hari ini saya admin dari hewanternak.com kembali akan memberikan update artikel terbaru dengan Judul Ciri Ciri Ayam Pelung Secara Lengkap.

Ayam pelung adalah ras ayam lokal unggul dari daerah Cianjur, Jawa Barat. Berbeda dengan kebanyakan biakan ayam yang diseleksi untuk penampilan fisik, ayam pelung diseleksi karena suara kokokannya yang panjang dan memiliki lagu. Tentu saja hanya ayam jantan yang memiliki sifat ini.

Ciri Ciri Ayam Pelung Secara Lengkap

Ciri Ciri Ayam Pelung Secara Lengkap

 

Bagi kalian masyarakat Jawa Barat pasti tidak akan asing lagi dengan ayam ini, ya ayam pelung merupakan ayam asli dari Indonesia dengan awal penyebarannya berada di Jawa Barat terutama didaerah Cianjur. Ayam ini termasuk dalam ras ayam buras dan saat ini sudah tersebar hampir di seluruh wilayah terutama Pulau Jawa.

Saat ini ayam pelung banyak diminati diberbagai daerah karena ayam ini berpotensi menjadi ayam buras pedaging, sedangkan untuk ayam betinanya berpotensi sebagai ayam buras petelur karena masa bertelurnya mulai umur 160 – 210 hari dengan hasil telur sekitar 70 butir telur per tahunnya. Bagi kalian yang belum tahu akan ayam ini maka dapat mengetahuinya melalui ciri dibawah ini :

Ciri-ciri ayam pelung

  1. Postur tubuh dari ayam ini terlihat lebih besar dan kokoh dibandingkan dengan ayam buras lainnya.
  2. Kakinya juga terlihat lebih besar dan warnanya hitam agak kebiru-biruan.
  3. Bulu ayam ini terlihat lebih mengkilap dibanding ayam yang lain, untuk warnanya sendiri tidak memiliki warna khas.
  4. Jengger ayam ini nampak besar tunggal, berdiri tegak dan berwarna merah.
  5. Ketika berkokok ayam pelung memiliki nada yang panjang dan iramanya berbeda dibandingkan dengan ayam buras yang lain.

Kelebihan ayam pelung

  1. Ayam pelung memiliki bobot yang lebih berat, berbeda dengan bobot ayam buras yang lain. Untuk ukuran ayam jantan dewasa bobotnya bisa mencapai 5 sampai 6 kg, sedangkan betina dewasa antara 3 sampai 3.5 kg.
  2. Perkembangannya pun juga terlihat sangat cepat, dari anak-anak hingga dewasa pertumbuhannya terlihat cepat dari pada ayam buras yang lain.
  3. Dan yang terakhir adalah suara berkokoknya yang panjang dan berirama.

Demikianlah artikel tentang Ciri Ciri Ayam Pelung Secara Lengkap, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin3x dan samnpai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya hanya bersama dengan kami di hewanternak.com

Ciri Ciri Ayam Pelung Secara Lengkap | Admin | 4.5
Leave a Reply