Cara Ternak Kroto tanpa Ratu

Cara Ternak Kroto tanpa Ratu – Pada kesempatan ini admin hewanternak.com akan berbagi tentang Cara Ternak Kroto tanpa Ratu. Sebelumnya admin juga sudah berbagi tentang Ternak Semut Rangrang.

Tentu bagi seorang peternak burung dan pembudidaya ikan pasti menggunakan kroto sebagai pakannya terlebih untuk untuk meningkatkan kualitas hasil ternak dan budidaya mereka Namun bagi orang awam istilah kroto masih terdengar tabu bahkan tidak tahu sama sekali. Sebenarnya apa sih kroto? Kroto adalah campuran telur dan larva yang mana keduanya dihasilkan oleh semut rangrang.

Kroto semakin banyak diminati sebagai pakan yang berkualitas dan bernilai gizi tinggi yang sangat diperlukan untuk menghasilkan burung maupun ikan dengan kualitas terbaik.

Sebagian orang yang memiliki ketertarikan dengan burung harga bukan menjadi suatu persoalan. Sehingga dia bela-belian untuk memberi makan burungnya dengan pakan yang berkualitas. Pakan yang berkualitas disini adalah kroto. Hal inilah yang menjadi dasar kenapa peluang usaha budidaya kroto ini sangat menjanjikan.

Cara Ternak Kroto tanpa Ratu

Belakangan ini, banyak yang berpendapat bahwa budidaya semut rangrang tanpa ratu tidak dapat menghasilkan. Banyak yang menganggap yang dapat bertelur dan menghasilkan kroto adalah ratu saja.
Cara Ternak Kroto tanpa Ratu

 

Kami akan menerangkan anggota-anggota koloni semut rangrang berdasarkan riset kami.
  • Ratu : pemimpin koloni, menghasilkan telur kroto
  • Calon ratu : bakalan ratu, tidak menghasilkan telur kroto
  • Semut pekerja: Bertugas mencari makanan, menghasilkan telur kroto
  • Semut prajurit: bertugas menjaga sarang, menghasilkan telur kroto
  • Semut perawat kroto/mandul : bertugas merawat kroto, tidak menghasilkan telur kroto

 

Jadi, keterangan di atas menyatakan tidak hanya ratu saja yang dapat menghasilkan kroto, tetapi semut pekerja dan semut prajurit juga bisa menghasilkan kroto. Perbedaannya adalah memang ratu adalah penyumbang terbesar dalam produksi kroto, semut pekerja dan prajurit kesannya hanya membantu menambah hasil produksi kroto. Kami sudah mencoba membudidaya semut rangrang tanpa ratu dan hasilnya lumayan. Syarat utama untuk budidaya semut rangrang tanpa ratu adalah mempunyai banyak semut pekerja dan pengawal, disamping itu ketersediaan makanannya juga harus terjamin dan wajib mengandung protein tinggi.
Hasil yang kami dapatkan untuk budidaya ini adalah dapat menghasilkan 2 sampai 3 sendok/ satu minggu untuk ukuran toples bekas kue.
Jika kita hitung hasilnya : contoh toples kita hanya mengahasilkan 2 sendok/minggu.
  • 2 sendok x 4 minggu = 8 sendok
  • Harga eceran di tampat kami adalah Rp 2000,00/sendok.
  • Jadi hasil yang didapatkan adalah :
  • 8 sendok x Rp 2000,00 = Rp 16.000,00/satu toples/satu minggu

 

Jadi jika anda mempunyai contoh 50 toples saja atau lebih, bisa anda bayangkan hasilnya. Lumayan bukan ?????
Jadi bila ada pernyataan budidaya tanpa ratu itu tidak dapat menghasilkan, itu tidak dibenarkan.
Cara Ternak Kroto tanpa Ratu | Admin | 4.5
Leave a Reply