Cara Terbaik Perawatan Jalak Rio Rio Agar Cepat Ngacor

Cara Terbaik Perawatan Jalak Rio Rio Agar Cepat Ngacor – Alhamdulillah sahabat pecinta burung kicau dimanapun berada pada malam hari ini saya admin dari hewanternak.com kembali akan memberikan update artikel yang terbaru dengan Judul Cara Terbaik Perawatan Jalak Rio Rio Agar Cepat Ngacor. Jalak rio rio atau sering disebut jalak rio saja adalah burung endemis Pulau Sulawesi yang memiliki suara nyaring. Di alam liar, burung ini hidup di pohon-pohon atau di dekat kerbau untuk melakukan simbiosis mutualisme. Burung jalak ini memakan kutu yang ada pada tubuh kerbau sedikit demi sedikit.

Cara Terbaik Perawatan Jalak Rio Rio Agar Cepat Ngacor

Cara Terbaik Perawatan Jalak Rio Rio Agar Cepat Ngacor

 

Burung jalak rio yang ditangkap di alam biasanya cenderung liar meski suaranya sangat nyaring. Sementara itu, burung yang tumbuh dari hasil ternakan biasanya susah gacor sehingga butuh perawatan khusus.

berikut Cara Terbaik Perawatan Jalak Rio Rio Agar Cepat Ngacor sebagai berikut :

Beri Nutrisi yang Seimbang

Beri Nutrisi yang SeimbangKeluarga jalak adalah burung omnivora. Mereka makan serangga dan juga buah-buahan untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya. Saat Anda merawat jalak rio usahakan memberi makanan berupa buah-buahan dan juga serangga dalam porsi yang seimbang. Jangan memberi burung ini terlalu banyak serangga karena bisa membuat bulunya rontok atau cuma buah-buahan yang justru membuat mereka malas gacor.

Ingat-ingat lagi pakan apa sajakah yang telah Anda berikan kepada jalak rio peliharaan. Kalau porsinya salah, mungkin ini salah satu penyebab mereka tidak mau berkicau dengan nyaring.

Perhatikan Sanitasi Kandang

Salah satu penyebab terbesar burung jalak rio enggan gacor adalah merasa tidak nyaman atau sakit. Untuk mencegah burung jadi sakit atau kondisinya menurun, disarankan untuk membersihkan kandang rutin setiap hari. Kalau Anda tidak sempat membersihkan setiap hari, 2 hari sekali tidak masalah.

Yang penting perhatikan banyaknya kotoran pada kandang. Jangan sampai banyak yang menumpuk. Selanjutnya perhatikan juga wadah pakan dan airnya. Kalau ada kotoran segera bersihkan agar burung tidak terkena bakteri dan membuat mereka jadi sakit dan akhirnya enggan gacor.

Sering Mandikan Jalak Rio

Jalak rio sama seperti burung cendet yang suka sekali mandi. Dengan mandi, mereka akan selalu segar dan mau berkicau dengan nyaring. Kebiasaan mandi ini biasanya membuat wadah air minumnya jadi cepat kotor atau tumpah ke mana-mana karena dimasuki oleh tubuh burung. Walhasil, Anda harus terus menambah air minum atau menggantinya setiap hari.

Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda bisa memasukkan wadah besar ke dalam kandang yang diisi dengan air. Wadah khusus ini bisa digunakan oleh burung untuk mandi setiap harinya. Anda bisa mengganti airnya setiap pagi atau sore saat burung jalak rio sering mandi.

Dijemur di Bawah Terik Matahari

Burung Jalak Rio biasanya mandi sendiri, tapi Anda juga bisa memandikannya kalau tidak memiliki banyak waktu untuk menjemur. Untuk memandikan jalak ini, Anda bisa menggunakan semprotan dengan tekanan yang tidak terlalu kuat. Setelah burung basah kuyup, Anda bisa menjemur burung di bawah terik matahari selama 1 jam.

Jangan memandikan burung terlalu sore. Bulu burung akan susah kering dan membuat mereka kedinginan. Saat musim penghujan, Anda masih bisa memandikan burung meski intensitasnya dibuat agak kecil. Setelah dimandikan, burung diangin-anginkan agar bulunya cepat kering meski tidak ada sinar matahari langsung.

Diberi Masteran

Meski hanya opsional, tidak ada salahnya untuk memberi burung jalak rio master. Anda bisa memutar suara burung jalak rio yang telah direkam. Dengan mendengar bunyi ini berkali-kali, mereka akan menirunya dengan baik dan akhirnya gacor dengan sendirinya.

Cara Terbaik Perawatan Jalak Rio Rio Agar Cepat Ngacor | Admin | 4.5
Leave a Reply