Cara Terbaik Merawat Kelinci Agar Selalu Sehat

Cara Terbaik Merawat Kelinci Agar Selalu Sehat – ALhamdulillah sahabat ternak dimana saja berada pada siang hari ini saya admin hewanternak.com kembali akan memberikan update artikel terbaru dengan Judul Cara Terbaik Merawat Kelinci Agar Selalu Sehat. Kelinci adalah salah satu hewan peliharaan yang paling imut. Itulah kenapa banyak orang yang suka memelihara kelinci. Meskipun dagingnya enak dimakan, tetapi kebanyakan orang memelihara kelinci sebagai hobi. Sayangnya, kelinci adalah hewan peliharaan yang mudah terkena penyakit dan mati.

Cara Terbaik Merawat Kelinci Agar Selalu Sehat

Cara Terbaik Merawat Kelinci Agar Selalu Sehat

 

Jadi, jika anda tertarik untuk memelihara kelinci, anda harus benar-benar bisa merawatnya dengan baik. Merawat kelinci tidaklah mudah. Setidaknya, ada 3 hal yang perlu diperhatikan, yaitu : memberi makan, membersihkan, dan mengandangkan adalah kunci dalam merawat kelinci.

Ada beberapa orang yang lebih memilih melepas kelinci mereka di halaman rumah mereka dan ada juga sebagian orang yang lebih memilih mengandangkannya. Mana yang lebih bagus? Jika anda melepasnya, kelinci biasanya akan menggali tanah sebagai tempat persembunyian mereka, bahkan sebagai tempat beranak dan tidur. Padahal, dengan bersembunyi di bawah tanah kelinci akan lebih mudah terkena penyakit.

Jadi, mengandangkannya adalah cara merawat kelinci yang lebih bagus. Sebaiknya anda membuat kandang yang mana alasnya tidak langsung bersentuhan dengan tanah. Model kandang seperti ini juga memudahkan kita untuk membersihkannya.

Cara Memberi Makan Kelinci

Pada dasarnya kelinci bisa mencari makan sendiri jika anda melepasnya ke halaman rumah anda. Umbi-umbian, biji-bijian, dan rerumputan bisa menjadi makanan bagi kelinci. Tetapi, jika anda lebih memilih memeliharanya di kandang, anda perlu memberinya makan setiap hari.

Memberi makan kelinci juga lebih bagus karena anda bisa memastikan makanannya sehat dan baik untuk kelinci. Ada beberapa makanan yang bagus untuk kelinci. Misalnya, sayur-sayuran sangatlah bagus untuk kesehatan kelinci. Selain itu, memberinya makan rumput awetan, umbi-umbian, biji-bijian, atau konsentrat juga merupakan salah satu cara merawat kelinci.

Cara Membersihkan Kelinci

Selain mengandangkan dan memberi makan, anda juga perlu membersihkan kelinci anda secara teratur. Baik anda membiarkannya hidup di luar ataupun di kandang, bulu kelinci pasti akan kotor.

Sebenarnya, kelinci suka menjilati bulu mereka untuk membersihkan diri, tetapi kadang itu saja tidak cukup sehingga anda perlu membersihkannya. Cara memandikan kelinci sangat mudah. Mandikan dengan air lalu keringkan. Dengan melakukan langkah-langkah cara merawat kelinci di atas, kelinci anda akan sehat dan bersih.

Demikianlah artikel tentang Cara Terbaik Merawat Kelinci Agar Selalu Sehat, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin ya rabbal alamin dan sampai jumpa kembali pada update artikel terbaru lainnya hanya bersama dengan kami di hewanternak.com

Cara Terbaik Merawat Kelinci Agar Selalu Sehat | Admin | 4.5
Leave a Reply