Cara Merawat Burung Srigunting Sebagai Burung Masteran

Cara Merawat Burung Srigunting Sebagai Burung Masteran – Alhamdulillah sababat pecinta burung kicau dimanapun berada pada kesempan yang baik ini di sore hari ini saya admin dari Hewanternak.com akan kembali memberikan update postingan terbaru kami dengan Judul Cara Merawat Burung Srigunting Sebagai Burung Masteran. Agar bisa dimanfaatkan sebagai burung masteran, tentu kita harus tahu cara merawat burung sriguntingt. Berikut Cara Merawat Burung Srigunting Sebagai Burung Masteran sebagai berikut :

Cara Merawat Burung Srigunting Sebagai Burung Masteran

Cara Merawat Burung Srigunting Sebagai Burung Masteran

 

  1. Pilih burung berjenis kelamin jantan, karena hanya burung jantan yang memiliki suara kicauan lebih bervariasi dan pandai meniru suara burung lainnya. Berdasarkan pengalaman para kicaumania, burung jantan memiliki warna lebih mengkilap daripada burung betina.
  2. Gunakan sangkar berukuran luas (tidak terlalu sempit). Pada 1-2 minggu pertama, burung tersebut sebaiknya menggunakan tenggeran tunggal untuk memudahkan proses penjinakannya.
  3. Untuk mencegah stres, hindari memandikan burung sebelum benar-benar beradaptasi dengan lingkungannya yang baru.
  4. Setiap pagi, burung dikeluarkan untuk diembunkan. Saat itu pula bisa diberikan pakan tambahan berupa kroto segar (1 cepuk kecil).
  5. Setelah matahari terbit, berikan pakan tambahan yang lain seperti ulat hongkong dan jangkrik dengan takaran  jumlah disesuaikan kebutuhan.
  6. Jika srigunting  sudah beradaptasi, Anda bisa memandikannya dengan cara memasukkan bak mandi kecil ke dalam sangkar, atau disemprot halus menggunakan hand sprayer.
  7. Penjemuran cukup sekitar 30 – 60 menit saja. Setelah itu segera pindahkan sangkarnya ke tempat lebih teduh untuk diangin-anginkan.
  8. Lakukan pemasteran dengan memutar suara rekaman burung jenis lainnya. Lebih baik jika suara masteran itu berupa suara tembakan seperti suara ciblek, cililin, atau lovebird.
  9. Sesekali pancinglah burung untuk bersuara dengan menggunakan suara rekaman burung srigunting lain.
  10. Berikan EF lain seperti belalang berukuran besar atau orong-orong / ga’ang. Sebab di habitat aslinya, burung ini kerap menyantap tawon dan berbagai jenis kumbang.
  11. Beberapa hari sekali, burung diberi nektar atau air gula untuk menjaga kondisinya, sekaligus memancingnya agar lebih rajin berbunyi.
  12. Bersihkan sangkarnya secara rutin setiap hari agar kondisinya selalu sehat, lebih aktif, dan dapat membuatnya makin rajin berkicau.

Demikianlah artikel singkat tentang Cara Merawat Burung Srigunting Sebagai Burung Masteran, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin3x dan sampi jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya hanya bersama dengan kami di katapendidikan.com

Cara Merawat Burung Srigunting Sebagai Burung Masteran | Admin | 4.5
Leave a Reply