Cara Merawat Burung Prenjak Kepala Merah

Cara Merawat Burung Prenjak Kepala Merah – Alhamdulillah sahabat pecinta burung kicau dimana saja berada pada dini hari kembali saya akan memberikan update artikel terbaru dengan Judul Cara Merawat Burung Prenjak Kepala Merahburung Prenjak merupakan burung berkicau yang suaranya keras dan juga monoton dengan ukuran tubuh yang kecil burung prenjak ini mampu mengeluarkan suara yang nyaring. Burung prenjak merupakan burung yang berhabitat di kebun bukan burung hutan.

Cara Merawat Burung Prenjak Kepala Merah

Cara Merawat Burung Prenjak Kepala Merah

 

Burung Prenjak adalah pemakan serangga kecil jika di kebun makanan kesukaan prenjak adalah ulat kecil dan juga serangga kecil maka jika anda baru saja mendapatkan dari ombyokan atau tangkapan anda sendiri berilah pakan ulat kecil seperti ulatkandang maupun ulat hongkong sampai burung terlatih memakan voer, ulat selalu sedia ditempat makan karena jika hanya fur prenjak yang baru dari ombyokan tidak akan memakan fur tersebut karena dialam liar pakan burung prenjak adalah ulat kecil. memang disini anda dituntut memiliki kesabaran ekstra karena jika anda tetap hanya memberi pakan fur saja, sudah pasti prenjak anda esok hari sudah kaku atau mati sungguh kasihan.

Berikut tips merawat burung prenjak kepala merah setiap harinya dengan konsisten:

  1. Pagi hari sekitar jam 7.30 keluarkan burung diluar rumah, bersihkan kandang burung prenjak dari kotoran hari sebelumnya dan juga berikan pakan ulat kandang / ulat hongkong beserta voerr dan minum dalam cepuk. untuk burung prenjak yang belum mau memakan voer sebaiknya pemberian ulat hongkong dicampur dengan voer dalam satu cepuk pakan untuk melatih burung memakan voer.
  2. Sekitar jam 8 atau saat sinar matahari muncul burung prenjak dimandikan, semprot sampai basah kuyup ingat jika tidak ada sinar matahari burung jangan buru buru dimandikan tunggu sampai sinar matahari muncul, ketika burung prenjak sedang dimandikan atau pada saat proses penjemuran burung, tempat pakan dan minum dikeluarkan terlebih dahulu dari sangkar dan masukan kedalam sangkar ketika burung sudah sudah selesai proses penjemuran dengan tujuan burung prenjak anda fokus untuk berjemur, merapikan bulu dan juga agar burung terlatih untuk tenang tidak pecicilan dalam sangkar.
  3. Penjemuran burung prenjak jangan terlalu lama hanya 1 sampai 2 jam saja, setelah itu burung disngin snginksn di tempat yang sejuk yang terlewati semilir angin dengan cara gantung burung prenjak anda. (bisa diteras rumah anda).
  4. Angin anginkan atau gantung burung prenjak anda Dari setelah proses penjemuran sampai sore hari sekitar pukul 15atau 16 sore. cek terlebih dahulu pakan burung dalam sangkar apakah masih cukup sampai besok atau tidak jika sdah sedikit segera tambah terutama untuk penambahan pakan ulat kandang/ulat hongkong jangan sampai telat, karena sangat rawan burung prenjak mati jika burung anda belum bisa memakan voer.
  5. Setelah burung diangin anginkan diteras dan juga setelah pakan di cek masukan burung prenjak anda kedalam rumah. Agar burung prenjak kesayangan anda istirahat tidur dan juga keamanan dari serangan hewan lain seperti tikus. sebaiknya untuk malam hari kondisi sangkar tertutup dengan kain atau dikerodong meskipun sudah didalam rumah.
  6. Lakukan perawatan burung prenjak anda secara teratur setiap hari dari poin satu sam pai lima diatas, memang disini kita dituntut untuk bersabar meskipun sampai menunggu waktu berbulan bulan tapi pasti kita akan mendapat hasil yang memuaskan dari ketelatenan kita merawat burung prenjak kita sendiri. Apabila anda sudah melakukan perawatan tetapi burung prenjak anda masih tetap saja jarang berkicau carainyong sarankan agar burung prenjak anda didekatkan dengan burung prenjak betina karena biasanya dengan cara seperti itu prenjak jantan akan terpancing untuk mengeluarkan suaranya dengan sering.

Demikianlah artikel tentang Cara Merawat Burung Prenjak Kepala Merah, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin3x, dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya bersama dengan kami di hewanternak.com

Kata Kunci :

cara menjodohkan prenjak kepala merah,kesukaan prenjak kepala merah,cara ternak prenjak kepala merah,sangkar prenjak kepala merah,Cara ternak prenjak tamu,kata kata prenjak kepala merah,lama proses ternak prenjak kepala merah,merawat prenjak kepala merah,prenjak kepala merah,prenjak merah
Cara Merawat Burung Prenjak Kepala Merah | Admin | 4.5
Leave a Reply