Cara Merawat Burung Glatik Batu Agar Cepat Ngacor

Cara Merawat Burung Glatik Batu Agar Cepat Ngacor – Alhamdulillah sahabat pecinta burung kicau dimanapun berada pada kesempatan ini saya admin hewanternak.com kembali akan memberikan update artikel terbaru dengan Judul Cara Merawat Burung Glatik Batu Agar Cepat Ngacor.

Gelatik batu atau sering juga disebut gelatik wingko merupakan jenis burung kicauan berukuran kecil yang memiliki suara memikat hati. Meski dikenal mudah bunyi, tetapi untuk membuat gelatik batu rajin berbunyi tetap diperlukan pola perawatan yang tepat. Berikut Cara Merawat Burung Glatik Batu Agar Cepat Ngacor

Cara Merawat Burung Glatik Batu Agar Cepat Ngacor

Cara Merawat Burung Glatik Batu Agar Cepat Ngacor

 

Burung gelatik batu butuh perawatan tepat dan konsisten agar rajin bunyi. Gelatik batu mulai meramaikan dunia kicaumania sejak pertengahan tahun 2008. Pada saat itu banyak kicaumania yang tertarik memeliharanya, lantaran burung ini memiliki suara kicauan khas, yaitu suara wucit yang dilantunkan berulang-ulang. Suara tersebut seakan-akan menjadi trade mark bagi gelatik batu, sebagaimana suara ngalas pleci dan ngerolnya anis kembang.

Agar burung gelatik batu lebih rajin berbunyi, terutama dengan suara khasnya tersebut, maka pola perawatan yang tepat harus diterapkan setiap harinya. Untuk membantu dan memudahkan Anda, berikut ini Cara Merawat Burung Glatik Batu Agar Cepat Ngacor atau  agar rajin berbunyi.

Eh menyela sebentar… ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

1. Mandi dan jemur di pagi hari

Pada pagi hari, sangkar gelatik batu dikeluarkan dari dalam rumah, kemudian digantang atau disimpan di tempat yang langsung terpapar cahaya matahari pagi selama kurang lebih 15 menit.

Setelah itu, burung dimandikan dengan cara disemprot menggunakan hand sprayer. Bisa juga dengan memasukkan bak mandi kecil ke dalam sangkarnya. Setelah dimandikan, burung dijemur di bawah matahari, dengan waktu tidak lebih dari 1 jam.

2. Pemberian pakan yang bervariasi

Sebagaimana pleci, gelatik batu termasuk burung imut yang sangat aktif. Untuk mendukung aktivitas hariannya, burung perlu diberi pakan yang bernutrisi tinggi. Pakan tersebut umumnya bisa didapatkan dengan cara meracik sendiri.

Berikut ini beberapa jenis pakan racikan yang bisa Anda buat untuk gelatik batu, beserta cara pembuatannya:

Pakan racikan versi 1

  • Siapkan bahan-bahan seperti voer halus, susu bubuk yang tidak manis, dan kacang tanah mentah.
  • Voer halus dan susu bubuk dicampur, lalu diaduk hingga merata.
  • Kacang tanah disangrai, lalu dikupas kulitnya. Setelah itu ditumbuk hingga menjadi tepung.
  • Masukkan tepung kacang tanah ke dalam campuran voer dan susu. Semua bahan diaduk-aduk lagi hingga merata. Setelah tercampur rata, pakan bisa langsung diberikan kepada burung.

Pada waktu sore hari, gelatik batu dikerodong agar burung bisa tenang dan beristirahat. Saat itulah bisa dilakukan pemasteran dengan menggunakan suara burung dari mp3, khususnya audio gelatik batu yang banyak genjotannya, suara kenari, ciblek dan sebagainya. Setelah diberikan pemasterannya, gelatik batu tersebut dibiarkan beristirahat sampai keesokan paginya.

Demikianlah artikel tentang Cara Merawat Burung Glatik Batu Agar Cepat Ngacor, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin 3x dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya hanya bersama dengan kami di hewanternak.com

Cara Merawat Burung Glatik Batu Agar Cepat Ngacor | Admin | 4.5
Leave a Reply