Cara Meningkatkan Nilai Nutrisi Pakan dengan Belatung pada Ternak Ayam

Cara Meningkatkan Nilai Nutrisi Pakan dengan Belatung pada Ternak Ayam – Alhamdulillah sahabat peternak dimana saja berada khususnya bagi peternak ayam, puji syukur kepada Allah S.W.T yang telah memberikan nikmat kesehatannya sehingga pada pagi hari ini saya admin dari hewanternak.com kembali akan memnberikan update artikel terbaru kami dengan judul Cara Meningkatkan Nilai Nutrisi Pakan dengan Belatung pada Ternak Ayam. Belatung adalah larva lalat yang kadang-kadang sulit dibasmi. Tidak peduli mereka mengerumuni tempat sampah, rumah, atau bahkan di tubuh Anda sebagai bagian dari infeksi yang terjadi di tubuh (myiasis).

Sebagian orang menganggap ternak ayam kampung sama dengan ayam buras. Padahal ada perbedaan istilah antara ayam buras dan ayam kampung. Istilah ayam buras digunakan untuk menyebut jenis ayam yang bukan ras, untuk membedakannya dengan golongan ayam ras seperti ayam broiler ayam ras petelur. Ayam kampung termasuk golongan ayam buras. Jenis-jenis ayam buras lain diantaranya ayam bangkok, ayam pelung, ayam arab, ayam kedu, ayam katai, ayam nunukan dan lain-lain.

Cara Meningkatkan Nilai Nutrisi Pakan dengan Belatung pada Ternak Ayam

Cara Meningkatkan Nilai Nutrisi Pakan dengan Belatung pada Ternak Ayam

 

Awalnya ternak ayam kampung banyak dilakukan secara subsisten alias sebagai sampingan saja. Ayam kampung dipelihara di pekarangan-pekarangan dengan sistem umbaran, atau di lepas liarkan. Tujuan ternak ayam kampung untuk diambil dagingnya karena produksi telurnya relatif rendah.

Ayam kampung yang diberi pakan dengan ransum yang terdiri 10-20% dari bahan hewani akan memberikan hasil pertumbuhan yang berbeda jika dibandingkan dengan pakan yang bahannya 100% dari nabati, namun tidak sedikit bagi para peternak kecil atau peternak sampingan terasa membeatkan jika harus membeli bahan baku protein hewani karena harganya yang tinggi, atau tidak ada cukup waktu mengumpulkan limbah-limbah sekitar untuk memenuhi bahan baku tersebut.

Sebagai alternatif untuk memecahkan masalah tersebut, Abu Yazid seorang peternak Ayam yang tinggal di Ambon ini mencoba menaikan nilai nutrisi pakan tunggal degan Belatung/Magot. Untuk memperoleh Belatung, Yazid memanfaatkan nasi sisa rumah makan, nasi yang telah Ia dapatkan di taruh dalam ember kemudian disiram dengan air yang bercampur bakteri serta enzim untuk fermentasi dan memecah protein.

Setelah itu ember ditutup, tutup ember dibuat tidak rapat agar lalat bisa bertelur didalam ember tersebut, alhasil setelah 5 hari magot/Belatung sudah nampak dan terlihat gemuk-gemuk, tapi tekstur nasi tidak berubah, cendrung bau khas fermentasi (seperti tape) dari situ Yazid mengaplikasikannya dengan dedak agar pero, plus terkadang diberi tepung ikan.

Demikialah artikel tentang Cara Meningkatkan Nilai Nutrisi Pakan dengan Belatung pada Ternak Ayam, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin 3x dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya hanya bersama dengan kami di hewanternak.com

Kata Kunci :

Macam macam jenis hewan
Cara Meningkatkan Nilai Nutrisi Pakan dengan Belatung pada Ternak Ayam | Admin | 4.5
Leave a Reply