Cara Mengobati Sengatan Kalejengking

Cara Mengobati Sengatan Kalejengking – Alhamdulillah sahabat dimanapun berada puji syukur kepada Allah S.W.T yang mana yang telah memberikan nikmat kesehatan untuk kita semua sehingga pada pagi ini saya admin dari hewanternak.com kembali akan memberikan update artikel terbaru dengan Judul Cara Mengobati Sengatan Kalejenking.  Jari Rasulullah Saw pernah tersengat oleh kalajengking. Saat itu Rasulullah Saw mengambil air dan garam lalu merendam jarinya di air garam itu sambil membaca surat Al Ikhlas dan Muawwidzatain. Setelah itu rasa sakitnya reda.

Cara Mengobati Sengatan Kalejengking

Cara Mengobati Sengatan Kalejengking

 

Di dalam buku Metode Pengobatan Nabi karya Ibnu Qayyim Al Jauziyah disebutkan bahwa jari Rasulullah pernah disengat kalajengking. Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah dalam Musnad-nya dari hadis Abdul bin Mas’ud, ia menceritakan, “Ketika Rasulullah shalat, pada saat beliau sujud, tiba – tiba seekor kalajengking menyengat jari tangannya. Maka, Rasulullah keluar dan berkata, ‘Semoga Allah melankat kalajengking.

Ia tidak membiarkan (tidak membeda – bedakan) antara seorang Nabi dan tidak pula yang lainnya.’ Kemudian Rasulullah menyuruh diambilkan bejana yang berisi air dan garam, lalu bagian yang disengat kalajengking tersebut direndam dengan air dan garam itu sambil membaca, ‘Qul huwallahu ahad dan Muaqqidzatain,’ hingga rasa sakitnya reda.”

Dalam hadis tersebut terkandung petunjuk terapi dengan menggunakan gabungan antara obat alami dengan obat ilahiyah. Dalam surat Al Ikhlas terdapat penjelasan tentang kesempurnaan tauhid, ilmu dan keyakinan ke-Mahaesaan Allah.

Sedangkan Dua surat yang disebut Mu’awwidzatain (Al Falaq dan An Naas) mengandung permohonan perlindungan dari segala marabahaya secara umum maupun khusus. Termasuk permohonan terhadap segala bentuk kejahatan yang dikhawatirkan (menimpa dirinya), baik itu dalam tubuh maupun jiwa.

Adapun unsur pengobatan alami dalam hadis tersebut adalah bahwa garam memang berguna untuk menghadapi banyak jenis racun, terutama sekali sengatan kalajengking. Penulis Al-Qanun menegaskan, “Garam bisa digunakan dengan campuran bubuk kain llinen (rami) untuk mengatasi sengatan kalajengking.” Demikian juga disebutkan oleh pakar medis lainnya.

Garam memiliki energi penyedot dan pelarut sehingga bisa menyedot dan melarutkan racun. Karena sengatan kalajengking mengandung unsur api, maka ia perlu didinginkan, disedot, dan dikeluarkan. Komposisi antara air yang bersifat mendinginkan panas sengatan dan garam yang memiliki kemampuan menyedot dan mengeluarkan racun, menjadi cara terapi yang paling optimal, paling mudah dan sederhana. Hadis ini juga mengandung peringatan mengenai terapi terhadap penyakit ini, yaitu dengan cara pendinginan, penyedotan, dan pengeluaran racun yang ada.

Demikianlah artikel tentang Cara Mengobati Sengatan Kalejengking, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin3x dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya hanya bersama dengan kami di hewanternak.com

Cara Mengobati Sengatan Kalejengking | Admin | 4.5
Leave a Reply