Cara Mengatasi Ekor Murai Tumbuh Pecah Pecah

Cara Mengatasi Ekor Murai Tumbuh Pecah Pecah – Pada kesempatan ini admin Hewan Ternak akan berbagi informasi mengenai Cara Mengatasi Ekor Murai Tumbuh Pecah Pecah, sebelumnya admin juga sudah berbagi tentang Cara Menangani Bulu Ekor Yang Tidak Tumbuh Pada Burung Murai Batu.
 
Cara Mengatasi Ekor Murai Tumbuh Pecah Pecah

Cara Mengatasi Ekor Murai Tumbuh Pecah Pecah

Bulu ekor yang rusak, ada beberapa penyebabnya:
Karakter murai batu yang memang “ngruji ekor”. Ada burung yang memang punya tipe “ekor duluan kalau nabrak jeruji sangkar” (disebut “ngruji ekor”). Coba perhatikan bagaimana murai batu ketika nabrak jeruji. Kalau dia menahan badan bawah di jeruji menggunakan ekor dan sebagian besar ekor otomatis keluar dari sangkar, berarti burung memang bertipe “ngruji ekor”. Burung seperti ini, dalam kondisi bulu barupun, ekornya terlihat rusak. Lama-lama, daun ekor pecah dan ekor secera keseluruhan menyerupai sisir dua muka. Ini karakter dan tidak bisa diubah.
Kena kutu/pernah kena kutu. Kutu menyebabkan bulu burung rusak. Perlu dicek, apakah di bulu-bulu tertentu (pangkal bulu ekor, leher, sayap) ada warna putih2 seperti tepung di bagian yang dekat dengan batang bulu. Kalau iya, berarti ada kutunya dan perlu ditangani dengan penyemprotan air daun sirih. Rebus daun sirih dan airnya (jangan terlalu kental) digunakan untuk menyemprot bulu murai batu selama tiga hari. Setiap setalah semprot, jangan langsung dibilas dengan air, tetapi tunggu sampai sekitar 30 menit.

Artikel Terkait :

  • Cara Menangani Penyakit Mata (SNOT) Pada Burung Murai Batu
  • Cara Mengatasi Kutu Yang Terdapat Pada Burung Murai Batu
  • Jenis-Jenis Penyakit Pada Burung Murai Batu Serta Cara Pengobatannya
  • Cara Pengobatan Burung Murai Batu Yang Bersuara Serak
  • Ciri-Ciri Burung Murai Batu Yang Tidak Sehat

 

Sering langsung dijemur begitu habis mandi/kena air. Penjemuran ketika kondisi bulu basah, menyebabkan bulu terlihat / mudah rusak. Sebab, ketika bulu belum sempat ditatan rapi oleh burung, sudah kering duluan. Ini ibarat baru saja mandi dengan rambut basah dan cuma dihanduki langsung di-hairdryer. Dijamin rambut kelihatan mawut sekali.
Mabung tidak bisa dipaksakan. Kita hanya bisa mempercepat/menyempurnakan proses mabung ketika proses sudah terlihat dimulai (jatuhnya bulu2 kecil). Cara untuk treatmen mabung sudah ada di situs ini dan bisa cari.
Itula beberapa faktor yang menyebabkan Ekor Murai tumbuh pecah pecah, untuk masalah yang pertama dan keempat sulit untuk mengatasinya karena memang sudah kodratnya seperti itu. Tapi untuk point kedua dan ketiga bisa kita usahakan untuk mencegah Ekor Murai Tumbuh Pecah Pecah. Jika sudah dilakukan pencegahan dan pemeliharaan dengan baik, semoga saja ekor Murai tidak tumbuh pecah pecah lagi, selamat mencoba…..

Kata Kunci :

ekor murai batu pecah pecah,ekor murai batu nyisir,cara mengatasi ekor murai nyerit,cara mengatasi ekor murai rusak,cara mengatasi ekor burung murai rusak,mengatasi ekor murai nyerit,cara mengatasi ekor murai pecah,ekor murai nyerit,penyebab ekor murai batu pecah pecah,ekor murai rusak saat tumbuh ekor
Cara Mengatasi Ekor Murai Tumbuh Pecah Pecah | Admin | 4.5
Leave a Reply