Cara Membedakan Burung Ciblek Gunung Jantan dan Betina

Cara Membedakan Burung Ciblek Gunung Jantan dan Betina – Alhamdulillah sahabat pada kesempatan ini saya akan membagikan artikel update terbaru dengan Judul Cara Membedakan Burung Ciblek Gunung Jantan dan Betina. Ciblek gunung adalah salah satu jenis dari prenjak yang banyak di gandrungi oleh mayoritas pencinta prenjak ya alasan terbesar adalah karena ciblek gunung memiliki irama suara yang lebih rapat ( atau istilahnya ngebren, ) dari pada ciblek jawa, walaupun awalnya ciblek jawa yang lebih populer dikalangan petarung. Populasi ciblek gunung atau banyak dikenal ciblek sumatra telah mengalami penurunan dari pada beberapa tahun silam, kemungkinan besar ini dikarenakan habisnya habitat asli mereka oleh lahan sawit, belum lagi penangkapan dengan skala besar oleh banyak orang.

Cara Membedakan Burung Ciblek Gunung Jantan dan Betina

Cara Membedakan Burung Ciblek Gunung Jantan dan Betina

 

Tetapi sekarang ciblek gunung yang populer malah yang berasal dari tasikmalaya dan trawas salah satu daerah di jawa timur, karena 2 jenis ini memiliki karakter dengan mental yang baik sehingga pantas di tenggerkan di arena lomba.

Nah yang sering membingungkan adalah pemilihan jenis kelamin, ciblek jantan memiliki karakter suara yang tajam yang tidak dimiliki ciblek gunung betina misalnya ciblek betina sulit untuk di setting agar ngebren sedangkan ciblek jantan dapat menguasai irama itu dengan diselingi suara ngeroll dan dapat sekali-kali nembak, kebanyakan pemaster menggunakan peran ciblek betina sebagai pancingan agar si jantan lebih bergairah mendongkrak suaranya ( untuk mendengarkan dan mendownload suara ciblek betina silakan mendownload disini ). Bagaimana cara membedakanya mari kita bahas bersama-sama ciri perbedaan ciblek gunung jantan dan betina seperti yang telah di paparkan dibawah ini.

Ciri perbedaaan ciblek gunung jantan dan betina

  1. Pertama yang perlu diperhatikan adalah ciblek jantan memiliki dubur yang lebih menonjol dari pada betina. Sedangkan betina memiliki dubur yang terlihat kecil dengan dikelilingi sedikit bulu.
  2. Ciblek jantan biasanya memiliki tubuh yang lebih proposional dengan badan tegap, kepala lebih besar dan mempunyai beberapa helai bulu halus seperti rambut, mayoritas ciblek gunung jantan juga memiliki ekor yang lebih panjang.
  3. Pada saat dewasa ciblek gunung jantan akan terlihat perubahan warna paruh yang sedikit lebih gelap dan warna bulu juga berubah menjadi coklat tua
  4. Warna kuning didalam tenggorakan ciblek jantan nampak lebih tajam.
  5. Yang pasti suara ciblek gunung ketika dewasa akan mempunyai ciri khas tersendiri seperti volume suara yang besar di selingi dengan suara ngeroll dan suara nembak.

Demikianlah artikel tentang Cara Membedakan Burung Ciblek Gunung Jantan dan Betina, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin3x, dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya bersama dengan kami di hewanternak.com

Kata Kunci :

ciblek sawit
Cara Membedakan Burung Ciblek Gunung Jantan dan Betina | Admin | 4.5
Leave a Reply