Cara Memandikan Burung Perkutut Agar Selalu Terlihat Segar Serta Sehat

Cara Memandikan Burung Perkutut Agar Selalu Terlihat Segar Serta Sehat – Alhamdulillah sahabat pecinta burung kicau dimana saja berada khususnya burung perkutut pada kesempatan malam hari saya akan memberikan postingan artikel terbaru dengan Judul Cara Memandikan Burung Perkutut Agar Selalu Terlihat Segar Serta Sehat.
Cara Memandikan Burung Perkutut Agar Selalu Terlihat Segar Serta Sehat

Cara Memandikan Burung Perkutut Agar Selalu Terlihat Segar Serta Sehat

Perkutut jawa (sering kali di sebut dengan perkutut lokal) memiliki tubuh berukuran kecil (21 cm). Tubuh ramping, ekor panjang. Kepala abu-abu, leher dan bagian sisi bergaris halus, punggung coklat dengan tepi hitam. Bulu sisi terluar ekor kehitaman dengan ujung putih. Iris dan paruh abu-abu biru, kaki merah jambu tua. Hidup berpasangan atau kelompok kecil. Makan di permukaan tanah. Kadang berkumpul untuk minum di sumber air. Sarang berbentuk datar tipis dari ranting-ranting. Telur berwarna putih, jumlah 2 butir. Berbiak bulan Januari-September.

Suara perkutut jawa relatif kecil dan tipis jika di bandingkan dengan jenis perkutut thailand atau acapkali di sebut dengan perkutut bangkok.

Seperti halnya dengan burung ocehan, burung perkutut juga perlu mandi. Dengan mandi perkutut akan bersih bulunya dan terbebas dari kutu. Dengan mandi, perkutut yang stress atau terlalu liar akan menjadi lebih cepat tenang dan mau berbunyi.Untuk menghilangkan kutu, campurkan air dengan remasan daun sirih dan atau air cucian beras. Cara memandikannya bisa dengan cara di pegang dan di elus dengan tangan yang basah.

Cara kedua bisa dengan cara di pegang lalu di semprot dengan sprayer lembut (embun).

Yang perlu di perhatikan dalam memandikan perkutut, jangan sampai air masuk ke hidung perkutut. Jadi untuk bagian kepala sebaiknya dengan cara di usap menggunakan tangan yang basah saja.

Waktu memandikan dan seberapa sering harus dimandikan berbeda2 untuk masing2 perkutut tergantung dari karakter si burung itu sendiri. Untuk perkutut yang tergolong liar, sebaiknya 2 hari sekali di mandikan. Akan tetapi jika perkutut anda tidak liar cukup di mandikan 1-2 minggu sekali saja.

Pada umumnya perkutut di mandikan pada pagi hari (jam 07.00-11.00),kemudian dijemur sekitar 1-2 jam s ampai semua bulunya kering.Tapi sekali lagi ini tergantung dari karakter perkutut anda dan sudah pasti waktu luang anda.

Itulah informasi singkat mengenai Cara Memandikan Burung Perkutut Agar Selalu Terlihat Segar Serta Sehat. Semogah burung perkutut anda sehat selalu …etsss…jangan lupa lihat juga Ramuan Penyegar Pakan Bergizi Serta Mendukung Stamina Burung Perkutut.

Kata Kunci :

cara memegang perkutut,Cara memandikanperkutut,perkutut,cara mandi perkutut,memandikan perkutut malam hari,burung perkutut,mandi perkutut,mandikan perkutut pakai air cucian beras,manfaat daun sirih untuk burung perkutut,memandikan per
Cara Memandikan Burung Perkutut Agar Selalu Terlihat Segar Serta Sehat | Admin | 4.5
Leave a Reply