Cara Jitu Budidaya Ikan Patin Agar Lebih Cepat Besar

Cara Jitu Budidaya Ikan Patin Agar Lebih Cepat Besar – Alhamdulillah sahabat pada pagi hari ini kami akan membagikan artikel terbaru dengan Judul Cara Jitu Budidaya Ikan Patin Agar Lebih Cepat Besar. Ikan patin merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang banyak di budidayakan, budidaya ikan patin menjadi salah satu peluang bisnis yang banyak di pilih masyarakat setelah budidaya lele. Untuk sektor komersil, budidaya ikan patin juga cukup menguntungkan, sebagian orang memilih ikan patin untuk di budidayakan setelah banyak orang lain yang memilih lele sebagai lahan bisnisnya.
Beberapa alasan yang membuat orang cenderung memilih patin dari pada lele adalah karena patin tidak bersifat kanibal dan tidak serakus lele, peluang pasar ikan patin juga cukup besar, terbukti banyak rumah makan yang menyediakan menu patin di dalamnya, khusnya rumah makan di daerah sumtra, bisa di katakan setiap rumah makan padang wajib menyediakan menu patin.
Cara Jitu Budidaya Ikan Patin Agar Lebih Cepat Besar

Cara Jitu Budidaya Ikan Patin Agar Lebih Cepat Besar
Banyak hal yang perlu di ketahui sebelum menjalankan budidaya ikan patin, diantara beberapa hal yang perlu di perhatikan, salah satunya adalah media kolam yang di gunakan. Di era modern saat ini, teknik budidaya sudah sangat berkembang, ada banyak metode dalam berbudidaya, diantaranya budidaya dengan sistem organik dan bioflok.
Tanah yang cocok untuk budidaya ikan patin adalah tanah liat yang tidak berporos, tanah jenis ini bisa di jadikan sebagai tanggul tanpa kawatir kolam bocor, kolam harus di buat miring untuk memudahkan pengairan, selain menggunakan kolam tanah liat, ikan patin juga bisa di budidayakan di keramba apaung, tempat yang baik untuk pembuatan keramba apung adalah sungai atau danau dengan arus pelan dan air yang tidak terlalu kotor atau mengandung bahan kimia berbahaya.
Jika anda tertarik mempelajari budidaya patin sebagai lahan bisnis, berikut ulasanya.
Ikan patin akan tumbuh baik di sungai dengan aliran sedang dan sedikit berlumpur, namun demikian ikan patin juga dapat tumbuh di kolam buatan, seperti kolam semen, ataupun tanah.
  • Langkah-langkah budidaya patin agar cepat besar

 

Persiapan kolam. 
 
Langkah pertama adalah menyiapkan kolam untuk budidaya, Pada kolam yang berlumpur sebaiknya di keringkan dulu agar bakteri jahat yang tumbuh di dalam kolam mati, setelah di keringkan, langkah selanjutnya lakukan pemupukan menggunakan kompos, kompos bisa anda buat sendiri menggunakan kotoran sapi, urea, dan sedikit probiotik. Kompos berfungsi untuk menumbuhkan makanan alami bagi patin, sedangkan mikro organisme dari probiotik berfungsi untuk mengurai kotoran di dalam kolam, dengan demikian kondisi air
akan selalu terjaga dengan baik, namun hal itu jika simbiosis mutualisme di dalam kolam tetap terjaga. Cara pembuatan kompos juga cukup mudah, anda hanya perlu mencari kotoran sapi dengan tekstur lembab, campur dengan 2 sendok urea tiap 100 kg, dan probiotik secukupnya, aduk hingga merata, setelah itu fermentasikan. Tebarkan kompos ke dalam kolam dengan keadaan kolam masih kering, lalu beri air dengan ketinggian 10 cm dan diamkan selama satu minggu, setelah itu tambahkan air kembali dengan ketinggian 30 cm, setelah itu bibit patin siap di tebar. Ciri-ciri bibit patin yang baik Ukuran rata, Gerakan gesit, tidak cacat, dan tidak terkena penyakit
Pemberian pakan. 
Faktor keberhasilan dari tiap-tiap usaha budidaya termasuk patin adalah pakan, sumplai pakan yang teratur dengan jumlah yang cukup akan mempercepat pertumbuhan ikan patin, pakan yang baik untuk patin harus memiliki kandungan gizi yang cukup. Usahakan asumsi pakan berjumlah 5% dari berat badanya, tambahkan jumlah pakan setiap seminggu sekali, untuk menentukan jumlah penambahan pakan anda bisa mengambil sempel 5-10 ekor untuk di timbang. Berikan pakan 3 kali sehari, anda bisa menggunakan pelet ikan, untuk mengurangi jumlah pengeluaran pakan anda bisa menggunakan pakan alternatif untuk selingan seperti bekicot, keong emas dll.
 
Pemanenan. 
Beberapa aspek yang perlu di perhatikan saat pemanenan adalah ikan jangan sampai cacat, atau mati saat pemanenan. Pemanenan di lakukan dari arah hilir menuju hulu untuk memojokkan ikan agar mudah di tangkap, ikan patin harganya akan lebih baik jika di jual dalam keadaan hidup.
Agar ikan patin cepat besar, beberapa hal yang perlu di perhatikan adalah, Pakan, berikan pakan secara teratur, pastikan pakan mengandung banyak gizi, beri ramuan temulawak untuk menjaga nafsu makan ikan patin agar tetap terjaga. Tumbuk temu lawak hingga halus, dan rebus menggunakan air bersih, lalu daimkan, setelah dingin, air di tebarkan ke dalam kolam.
Mengatur kepadatan, metode budidaya tradisional tidak di anjurkan melakukan padat tebar, apabila anda ingin berbudidaya patin padat tebar, anda bisa belajar cara budidaya sistem bioflok. Jumlah ikan yang terlalu padat dapat mengakibatkan asupan pakan tidak merata, sehingga mengakibatkan ikan patin tumbuh tidak merata.
Penanganan penyakit, penyakit juga dapat menghambat pertumbuhan ikan patin, ikan yang terkena penyakit akan berkurang nafsu makanya, dan metabolisme dalam tubuh juga tidak akan stabil.
 
Kesimpulan.
 

Gunakan media yang baik, jaga kestabilan air dalam kolam, berikan pakan yang cukup dengan kandungan gizi yang cukup, tambahkan ramuan untuk menjaga nafsu makan, dan lakukan pencegahan sedini mungkin agar ikan tidak sampai terkena penyakit, penyakit yang di sebabkan oleh bakteri phatogen, maupun non phatogen.Demikialah artikel tentang Cara Jitu Budidaya Ikan Patin Agar Lebih Cepat Besar, semoga bermanfaat untuk kita semua. amin3x. dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru kami berikutnya bersama dengan kami di hewanternak.com

Kata Kunci :

pakan ikan patin agar cepat besar,cara budidaya ikan patin agar cepat besar,cara budidaya ikan patin cepat panen,pakan ikan patin cepat besar,cara mempercepat tumbuh ikan patin,cara mempercepat panen ikan patin,fermentasi untuk menambah nafsu makan ikan patin,makanan ikan patin,makanan ikan patin supaya cepat besar,Pakan alternatip ikan patin cepat panen
Cara Jitu Budidaya Ikan Patin Agar Lebih Cepat Besar | Admin | 4.5
Leave a Reply