Cara Cepat Membedakan Burung Kutilang Jantan dan Betina

Cara Cepat Membedakan Burung Kutilang Jantan dan Betina – Burung kutilang atau Pycnonotus aurigaster, bisa dibilang sebagai jenis burung cucak yang paling populer di Indonesia. Burung Cucak Kutilang masih dengan mudah dijumpai di beberapa daerah, terutama di Jawa. Dan nama burung kutilang sendiri cukup populer, terutama dengan adanya sebuah lagu anak-anak berjudul “Kutilang”.

Nama resmi burung kutilang di Indonesia adalah Cucak Kutilang. Di Sunda burung dari famili Pycnonotidae (merbah atau cucak-cucakan) ini dikenal sebagai cangkurileung. Sedang di Jawa dinamai sebagai ketilang atau genthilang. Dalam bahasa Inggris burung ini disebut Sooty-headed Bulbul. Nama latin hewan ini adalah Pycnonotus aurigaster (Jardine & Selby 1837) dengan sekitar 9 anak jenis yang dikenal saat ini.

Cara Cepat Membedakan Burung Kutilang Jantan dan Betina

Cara Cepat Membedakan Burung Kutilang Jantan dan Betina

 

Tubuh cucak kutilang berukuran sedang, dengan panjang tubuh sekitar 20 cm. Sisi bagian atas tubuh (punggung dan ekor) berwarna coklat kelabu, sedangkan sisi bawah (tenggorokan, leher, dada, dan perut) berwarna putih keabu-abuan. Memiliki topi, dahi, dan jambul berwarna hitam. Memiliki tunggir (bagian muka ekor) berwarna putih, serta penutup pantat berwarna kuning jingga.

Burung kutilang merupakan burung yang populasinya sekarang semakin menurun,karena banyak orang yang saat ini menangkapnya untuk diperjual belikan untuk dijadikan peliharaan di rumah.tak disangka burung yang tadinya hanya sebagai peliharaan di rumah,sekarang di beberapa daerah ada yang mengikut sertakan burung ini sebagai burung kontes,tapi hanya di beberapa daerah saja,karena masih banyak orang yang kurang tertarik pada burung ini,soalnya burung ini dianggap dapat merusak suara burung kicauan lain yang berada didekatnya.
sekarang saya akan bembahas cara mudah membedakan burung kutilang jantan dan betina.
langsung saja….!kalau kurang jelas lihat gambar.

Ciri burung kutilang jantan :

  1. Mempunyai bentuk kepala yang agak besar
  2. Jambulnya tegak terus saat bersuara,juga lebih panjang
  3. Postur tubuh agak besar sedikit dibandingkan yang betina
  4. Pada bagian bawah ekor mempunyai warna bulu orange terang
  5. Suaranya variatif tidak monoton juga tidak puputus-putus

Ciri burung kutilang betina :

  1. Mempunyai bentuk kepala yang agak kecil sedikit
  2. Jambulnya jarang tegak juga pendek
  3. Postur tubuhnya lebih kecil
  4. Pada bagian bawah ekornya mempunyai warna bulu kuning pudar
  5. Suaranya cenderung monoton juga tidak keras
  6. Sering putus-putus saat bersuara

Demikianlah artikel tentang Cara Cepat Membedakan Burung Kutilang Jantan dan Betina, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin3x.

Cara Cepat Membedakan Burung Kutilang Jantan dan Betina | Admin | 4.5
Leave a Reply