Cara Cegah Dan Pengobatan Penyakit Gumboro Pada Ayam

Cara Cegah Dan Pengobatan Penyakit Gumboro Pada Ayam – Penyakit Gumboro disebabkan oleh infeksi virus, yaitu Reo Virus yang menyerangsisitem kekebalan tubuh atau Immunosupresif, jadi system kerja virus ini adalahmelemahkan system kekebalan tubuh sehingga apabila kondisi tubuh menurun sehingga proteksi tubuh terhadap infeksi dari virus atau bacteri lain semakin menurun.
Cara Cegah Dan Pengobatan Penyakit Gumboro Pada Ayam

Cara Cegah Dan Pengobatan Penyakit Gumboro Pada Ayam

Apabila infeksi virus ini bersifat tunggal atau tidak ada komplikasi dari infeksi virus atau bacteri lain penyakit Gumboro mudah disembuhkan, namun yang menjadi masalahapabila terjadi komplikasi atau hadirnya infeksi sekunder hal ini bisa berakibat kematiantinggi.Penyakit Gumboro lebih sering menyerang pada ayam walaupun bisa juga menyerangunggas lain. Penyekit ini menyerang pada ayam usia muda antara 9 hari sampai 60 hari,sedangkan menurut penelitian penulis penyakit Gumboro intensitas kemunculannyadibagi tiga fase. Fase I pada umur ayam 9 hari 25 hari Fase II umur ayam 25 hari sampai35 hari dan Fase III umur ayam 35 hari sampai 60 hari intensitasnya semakin menurun.
Kenapa virus ini menyerang pada ayam usia muda ?

Gejala – Gejala Ayam Terserang Gumboro

1. Gejala Klinis ( atau gejala yang dapat diamati dari luar)

  • Ayam nampak lesu kurang bergairahKondisi ini mengakibatkan ayam menjadi lemah,konsumsi makan dan minum menjadi menurun, mata terpejam, bulu kusut, dan biasanyaayam bergerombol disudut kandang.
  • Terjadi demam, dan apabila panas tubuh sangat tinggi mengakibatkan ayam kejang, padakedua kaki, kepala dan sayap. (mirip penyakit marek dan New Castle Desease)
  • Kotoran berwarna putih bening bercampur seperti pasta dan lengket serta encer.
  • Kematian tingggi bisa mencapai 2 % sampai 5 % setelah 3 hari terlihat gejala.

2. Gejala Sub Klinis (gejala yang Nampak pada organ tubuh bagian dalam)

Untuk melihat tanda-tanda yang terdapat dalam organ tubuh bagian dalam kita lakukan bedah bangkai. Dalam melakukan bedah tubuh sebaiknya dilakukan pada dua sampleyaitu ayam yang masih hidup kemudian dipotong dan kemudian dibedah dengan ayamyang sudah mati kemudian dilakukan pembedahan. Hal ini dimaksukan apabila ayamyang sengaja dipotong kondisinya masih fresh belum terjadi pembusukan pada dagingsehingga tidak mengaburkan diagnose kita.
Setelah dilakukan pembedahan kita temukan kondisi organ tubuh yaitu Bursa Fabriciusterjadi pembengkakan, dan apabila bursa kita belah terdapat bercak darah dan berbusaterutama ayam yang mengalami infeksi sudah akut. Usus kondisi kosong makanan karenanafsu makan sangat menurun, Ginjal terjadi pembengkakan, serta kelenjar Tymusmengalami pembengkakan.

Pencegahan

1. Usaha pencehahan supaya Gumboro tidak mewabah di peternakan kita :
  • Melakukan sanitasi lingkungan secara berkala, dengan disinfektan
  • Melakukan Vaksinasi Gumboro seawal mungkin pada umur 9 hari ( Hanya dapatmelindungi mak 70% terhadap penyakit).
  • Memberikan kondisi nyaman pada ayam terutama pada masa brooder, suhu brooder sesuai dengan kebutuhan anak ayam ( 4 hari pertama 33-35 ‘c, 3 mgg 32-33’c ).
  • Disesuaikan juga kondisi lingkungan, apabila suhu lingkungan sangat panas suhu brooder bisadisesuaikan.
  • Pemberian pakan berkualitas dan minum dengan vitamin elektrolit dan anti strees.
  • Perlakuan anak kandang yang baik, karena apabila perlakuan tidak baik dapatmengakibatkan stress pada ayam, dengan stress dapat menurunkan system kekebalantubuh.

Pengobatan

  • Apabila ayam sudah terlanjur terserang Gumboro , kita lakukan pengobatan. Namun perlu diketahui sebenarnya segala penyakit yang disebabkan karena virus tidak bisadiobati dengan anti biotic, jadi fungsi anti biotic disini adalah mencegah terjadinya penyakit sekunder agar tidak memperkeruh suasana. Lebih tepat kita berikan Vitaminelektrolit, glukosa ( gula arena tau gula kawung di encerkan sebanyak 2 %). Apabiladilakukan pemberian antibiotic sebaiknya antibiotic ringan seperti Neomicin, Ampicillin,Doxiciclin, jangan diberikan obat kemoterapi sejenis sulfa, sulfadiamicin dll karena ginjaltidak akan mampu menerimanya sehingga terjadi kematian.
  • Apabila ayam masih umur dibawah 25 hari sebaiknya kita lakukan pemanasan atau brooding, namun catatan ventilasi harus lancer karena ayam sudah besar dan banyak membutuhkan oksigen.Apabila Management kandang bagus dengan didukung sapronak bagus Insya AllohGumboro tidak akan mampir ke peternakan kita dengan menghasilkan panen yangmemuaskan Bobot badan bagus, Feed Convertion bagus dan harga bagus.
Warning : Sebelum beternak kita melakukan sanitasi kandang atau cuci kandang sehigienismungkin, kita waspada pada lingkungan Rawan Gumboro atau tidak, apabila di daerahkita beternak termasuk daerah rawan Gumboro, kita lakukan pencegahan secara prefentif dengan lebih intensif. Ingat Gumboro bukan penyakit yang menakutkan apabila kitacepat, tepat cerdas menggulanginya namun apabila kita lambat ayam kita satu kandangdalam satu minggu ludes dimakannya, dan kerugian menyambut kita, waspada dan selamat beternak.
Demikian informasi mengenai Cara Cegah Dan Pengobatan Penyakit Gumboro Pada Ayam, semogah bermanfaat.Lihat juga (Cara Tradisional Cegah Penyakit Tetelo Pada Ayam)

Kata Kunci :

obat gumboro,obat penyakit gumboro,obat tradisional untuk penyakit gumboro,obat herbal gumboro,pengobatan penyakit gumboro,obat gumboro ayam,cara mengobati gumboro,obat gumboro ayam broiler,obat penyakit gumboro pada ayam,Cara mengobati penyakit gomboro pada ayam kampong
Cara Cegah Dan Pengobatan Penyakit Gumboro Pada Ayam | Admin | 4.5
Leave a Reply