Cara Berternak Kelinci Pedaging

Cara Berternak Kelinci Pedaging – Alhamdulillah pada pagi hari ini saya akan memberikan update terbaru artikel dengan Judul Ternak Kelinci Pedaging, setelah beberapa waktu lalu kami membahas tentang budidaya kelinci Australia kami datang kembali untuk membahas tentang tata cara usaha Ternak Kelinci Pedaging 2016 yang benar. Seperti yang kita ketahui pada umum nya kelinci adalah hewan yang gampang dijinak kan, dengan ke unggulan tersebut kelinci gampang sekali kita kembangkan dan di ternak kan. Budidaya kelinci meliputi dua fungsi yaitu kelinci di budidaya untuk di ambil daging nya dan kelinci yang di budidaya untuk di pelihara atau kelinci hias.
Cara Berternak Kelinci Pedaging

Cara Berternak Kelinci Pedaging
Untuk harga kelinci sendiri memang relative terjangkau namun peminat akan daging kelinci ini lumayan banyak ya walaupun tidak sebanding dengan daging ayam atau daging sapi dan lain sebagainya. Seperti yang sudah pernah saya jelaskan di pembahasan yang sebelumnya bahwa untuk melakukan ternak kelinci pedaging maupun kelinci hias tidak ada batasan yang ditentukan dalam artian ternak kelinci pedaging dan kelinci hias sama sama bisa anda budidayakan tanpa suatu halangan.
Banyak ternak kelinci pedaging 2016 ini terutama kelinci hias yang awalnya di kembang biakkan hanya untuk menjadi kelinci hias namun akhirnya menjadi kelinci pedaging, karena biasanya kelinci tersebut memiliki ke unggulan. jika dilihat dari bobot tubuhnya kelinci memiliki bobot yang berat dan pertumbuhan yang cepat serta berkembang biakannya mengalami peningkatan yang signifikan. Ada beberapa jenis kelinci yang mempunyai keunggulan sehingga banyak para peternak kelinci membudidayakan kelinci tersebut untuk menjadikan ternak kelinci pedaging.
Ternak Kelinci Pedaging agar Untung  Besar
Ada beberapa jenis kelinci yang baik untuk anda ternak seperti kelinci Flemish Giant yang beratnya bisa mencapai 10 kg, kelinci New Zealand White, Satin,  Rex dan lain sebagainya. Untuk melihat lebih detailnya anda bisa melihat di Jenis Kelinci Pedaging, kemudian khusus di Indonesia sendiri kelinci yang banyak di ternak oleh masyarakat umum adalah jenis kelinci local atau kelinci jawa, kelinci ras ini banyak sekali dan mudah untuk kita temukan.
Kemudian bagaimana cara beternak kelinci yang benar? Dan apa saja yang harus di perhatikan,? baik Langsung saja kita bahas mengenai Ternak Kelinci Pedaging agar Untung  Besar  berikut ulasannya.
  • Persiapan Tempat Atau Kandang
Persiapan yang paling pertama dalam melakukan ternak kelinci pedaging tentunya dengan menyiapkan tempat untuk kandang kelinci. Ada beberapa jenis kandang yang di buat oleh para peternak kelinci namun dalam pembuatan kandang kelinci tidak ada patokan dasar atau besar kecil nya suatu kandang, terserah anda dan sesuai kebutuhan anda, namun dalam membuat kandang ada beberapa cara yang harus anda perhatikan, Yaitu perhatikan suhu yang berada di dalam kandang, kemudian usahakan saat memilih tempat untuk membuat kandang pilih lah tempat yang sejuk dan terbebas dari segala macam jenis bahaya.
Kemudian untuk ukuruan suhu yang ideal biasanya membutuhkan suhu didalam kandang mencapai 15 – 25 C. selanjutnya kandang yang baik adalah kandang yang memiliki udara sejuk serta pembuatan kandang harus seideal mungkin agar kelinci yang anda ternak benar benar merasa nyaman dan mudah untuk berkembang biak.
Dalam pembuatan kandang ternak kelinci pedaging atau potong biasanya dibutuhkan dua tipe kandang, yaitu kandang untuk pembesaran kelinci dan kandang untuk indukan kelinci. Seperti yang kita tahu kelinci akan lebih kebal dari suhu yang lebih dingin dari pada suhu yang panas, jadi dalam membuat kandang usahakan agar kandang di buat sedemikian rupa guna siklus udara didalam kandang dapat berganti dengan baik dan sejuk serta kandang harus di tempatkan di area yang terkena sinar matahari yang cukup.
  • Memilih bibit indukan kelinci Yang Berkualitas

 

Selanjutnya dalam usahat ternak kelinci pedaging 2015 yang harus anda perhatikan adalah dengan memilih indukan kelinci yang berkualitas, tujuan memilih indukan yang berkualitas adalah agar tingkat keberhasilan dalam budidaya kelinci tinggi, karena bibit indukan adalah kunci utama untuk mengasilkan keturunan atau anak anak kelinci yang baik berkualitas juga. Baik saya akan memberikan tips mengenai bibit indukan yang baik dan berkualitas untuk anda, berikut ciri ciri bibit indukan berkualitas,
Pilih lah bibit indukan kelinci dengan memiliki bobot yang baik, biasanya untuk bibit indukan betina memiliki berat tubuh antara 4 – 5 kg, dan indukan pejantan antara 3 – 5 kg.
Pilihlah bibit indukan kelinci dari indukan kelinci yang melahirkan banyak anak.
Kemudian pilihlah bibit indukan yang memiliki bulu bersih terutama di area kelamin indukan tersebut.
Indukan sehat tidak memiliki cacat fisik Selanjutnya pilihlah indukan kelinci yang memiliki punggung tidak cekung, Memiliki mata cerah, pergerakan aktif dan tidak lesu atau ngantuk
  • Pemberian Pakan Kelinci Yang baik

 

Kemudian agar ternak kelinci pedaging  berkembang dengan sempurna maka anda harus memberikan pakan yang baik untuk kelinci anda. Seperti yang kita tahu dialam bebas sana kelinci mengkonsumsi atau memakan rumput atau pakan hijau saja, namun dalam ternak kelinci pedaging 2015 ini anda harus memberikan pakan tambahan seperti kosentrat dan vitamin guna perkembangan kelinci yang anda ternak berkembang dengan baik.
Perlu anda ketahui dalam memberikan pakan kelinci anda harus tahu makanan hijau apa yang disukai oleh kelinci, makanan hijauan yang disukai kelinci seperti sayur sayuran, wortel, daun singkong, sawi dan lain sebagainya, dan juga bisa anda berikan rumput, daun papaya, daun jagung dan masih banyak lagi. Dalam ternak kelinci pedaging berikan pakan hijauan ini tak terbatas, maksudnya tidak ada ukuran untuk memberikan pakan hijuan  pada kelinci ternak anda. Dalam pemberian pakan pada anak kelinci anda bisa memberikan pakan hijauan ketika anak kelinci sudah berusia 14 hari setelah di lahirkan berikan pakan sedikit demi sedikit hingga anakan kelinci sudah di sapi dan sudah bisa makan sendiri, biasanya anakan kelinci disapi ketika sudah berumur 40 – 45 hari.
Selain memberikan pakanan hijauan anda juga harus memberikan pakan kosentrat, pemberian pakan kosentrat ini dapat memudahkan anda dan tentunya sangat praktis. Selain pratis dan memudahkan anda pakan kosentrat ini mengandung nutrisi lengkap yang sangat di butuhkan oleh kelinci anda sehingga kelinci anda dapat berkembang dengan baik tentunya.
Dan perlu anda catat untuk kebutuhan pakan dalam ternak kelinci pedaging perhari mencapai 4 – 5 % dari berat tubuhnya. Untuk usia muda hingga 4 bulan membutuhkan pakan hijauan 20 %, kemudian untuk kelinci diatas 4 bulan akan membutuhkan pakan sebanyak 60 % pakan hijauan dari total pakan yang di butuhkan, dan 40 % pakan kosentrat. Sebaik nya dalam pemberian pakan pada kelinci anda pisahkan pakan kosentrat dan pakan hijauan, sebagai contoh berikan pakan kosentrat saat pagi hari pada jam 09.00 dan berikan pakan hijauan seperti sayuran atau rumput pada jam 12.00 – 18.00 wib.
  • Proses Kawin Pada Kelinci

 

Proses selanjutnya adalah mengetahui kapan masa kawin kelinci dan kapan masa itu datang. Dalam usaha ternak kelinci pedaging 2015, biasanya untuk melihat produktivitas kelinci dapat melahirkan banyak anak kelinci adalah ketika indukan benar benar sudah dewasa dan sudah matang untuk melakukan kawin, indukan kelinci bisa anda kawin kan ketika sudah berusia minimal 5 bulan sampai 12 bulan tergantung jenis ternak kelinci pedaging mana yang anda ternak.
Kemudian dalam proses mengawinkan kelinci ini ada dua cara yang pertama yaitu dengan cara individual dan secara berkelompok. Untuk cara yang individual anda bisa memasukan satu indukan betina dan pejantan dalam satu kandang, dan untuk cara yang berkelompok anda bisa memasuk kan beberapa induakn betina dan pejantan, sebaiknya untuk indukan pejantan cukup satu ekor  saja karena dalam ternak kelinci pedaging  satu ekor indukan pejantan dapat melayani 10 ekor indukan betina.
Dan untuk masa birahi kelinci indukan berlangsung antara 10 sampai 15 hari, jarak antara masa birahi satu ke masa birahi selanjutnya berkisar antara 14 hari. kemudian selama proses perkawinan sedang berlangsung, anda bisa mengamati apakah terjadi perkawinan atau tidak karena dalam proses perkawinan ini tidak berjalan dengan lancer karena adanya ketidak cocokkan antara indukan pejantan, lakukan dan amati cara tersebut hingga kelinci benar benar melangsungkan proses perkawinan.
Penting untuk anda ketahui masa produktifitas kelinci yang baik antara usia 1 tahun sampai 3 tahun, dan tahun selanjutnya kelinci akan mengalami masa penurunan produksi anak anak kelinci, dan untuk ternak kelinci pedaging  yang bagus anda harus mengganti indukan kelinci dengan indukan yang baru. Proses kawin pada kelinci yang ideal adalah saat pagi sore dan malam hari.
  • Proses Kelahiran dan Pembesaran  Anakan kelinci
Ketika kelinci sudah berhasil dikawinkan maka indukan akan mengandung atau hamil anakan kelinci, masa hamil pada kelinci berlangsung antara 28 sampai 35 hari setelah kawin. Bila sudah memasuki hari tersebut indukan akan melahirkan anak kelinci sebanyak  4 sampai 12 ekor anakan kelinci. Untuk idukan kelinci yang berkualitas biasanya indukan betina akan sanggup hamil 5 kali dalam satu tahun kalender, seperti yang sudah saya jelaskan diatas indukan betina bisa anda kawinkan kembali saat anakan kelinci sudah berusia 14 hari setelah di lahirkan.
Kemudian dalam ternak kelinci pedaging Untuk indukan yang akan melahirkan anakan kelinci biasanya ditandai dengan ciri ciri seperti indukan suka menggosok gosok kan dagunya ke benda yang berada di dalam kandang atau pada indukan lain, kemudian indukan kelinci akan terlihat gelisah serta  mencari cari indukan pejantan dan di bagian intim indukan betina akan basah dan berwarna kemerah merahan.
Dihabitat aslinya dalam masa menyusui anakan kelinci akan berlangsung selama 2 bulan, namun dalam usaha budidaya kelinci ini masa menyusui anakan kelinci dapat anda lakukan sekitar 15 sampai 20 hari setelah lahir dan sudah diberikan makanan yang kemudian Pisahkan anakan kelinci ke kandang pembesaran yang sudah anda sediakan. Jika anakan kelinci akan di jual ada baiknya langsung bisa anda sapi namun bila anakan kelinci akan dijadikan indukan pengganti sebaiknya sapi anakan kelinci anda saat sudah berusia 2 bulan.
  • Kapan Kelinci Bisa di Panen

 

Selanjutnya ternak kelinci pedaging kelinci bisa di panen jika sudah memiliki bobot tubuh antara 2 – 3 kg/ekor, dengan usia rata rata antara 3,5 bulan. Namun jika hanya ingin menjual bibit indukan anda bisa menjual nya ketika kelinci sudah berusia 10 sampai 12 bulan. Perlu di ingat, untuk penjualan bibit indukan harga tidak di tentukan dengan berat kelinci tersebut melainkan dengan kualitas dan keunggulan bibit indukan tersebut.
Demikialah artikel tentang Cara Berternak Kelinci Pedaging, semoga bermanfaat bagi kita semua amien, dan sampai ketemu kembali pada update artikel terbaru lainnya bersama dengan kami dihewaternak.com
Cara Berternak Kelinci Pedaging | Admin | 4.5
Leave a Reply