Budidaya Semut Jepang

Budidaya Semut Jepang – Alhamdulillah sahabat dimanapun berada puji syukur atas nikmat kesehatan yang di berikan oleh Allah S.W.T sehingga pada malam hari ini saya admin dari Katapendidikan.com kembali akan memberikan update artikel terbaru dengan Judul Budidaya Semut Jepang.

Selain kecoa madagaskar yang berasal dari hutan Madagaskar, peluang usaha serangga yang juga menguntungkan adalah semut Jepang. Sesuai dengan namanya, semut jepang memang berasal dari Jepang dengan nama latin Tenebrio Molitor.

Ia merupakan jenis serangga yang lebih mirip dengan kumbang. Adapun beberapa perbedaan dari semut Jepang dibandingkan semut spesies lainnya yakni memiliki badan yang keras, bersayap namun tak bisa terbang, suka reproduksi, hidup secara berkelompok, dan bukan hewan kanibal. Hal yang paling diunggulkan dari Semut Jepang adalah khasiatnya untuk kesehatan.

Budidaya Semut Jepang

Budidaya Semut Jepang

 

Meskipun belum banyak penelitian ilmiah mengenai semut jepang, banyak orang percaya bahwa serangga ini bisa dijadikan obat herbal untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti diabetes, asam urat, kolesterol, hingga penyakit jantung. Bahkan beberapa orang percaya bahwa mengkonsumsi semut jepang secara teratur dapat meningkatkan vitalitas kehidupan berumah tangga.

Membudidaya ternak semut jepang tidaklah terlalu sulit. Cukup dibiarkan berkembang biak di dalam suatu wadah sederhana, misalnya dalam toples kaca yang diisi dengan kapas sebagai media rumah bagi koloni semut jepang. Jenis makanan yang bisa diberikan juga cukup mudah didapat, yakni ragi tape. Berdasarkan pengalaman beberapa peternak, diketahui bahwa dari 10 ekor semut jepang yang diternakan dapat berkembang biak menjadi sekitar 200an ekor dalam waktu 2 bulan. Pemberian pakan bisa dilakukan seminggu sekali dengan tiga butir ragi tape. Kalau budidaya anda ingin cepat berkembang dan menghasilkan maka disarankan untuk membeli bibit semut jepang lebih banyak, sehingga dapat dipanen 2 bulan berikutnya.

Harga satu ekor semut jepang saat ini di pasaran antara 10 ribu hingga 50 ribu rupiah per ekor. Sebuah harga yang cukup fantastis untuk satu ekor semut. Hal tersebut lebih disebabkan sulitnya memperoleh semut ini. Cara mengkonsumsi semut jepang dapat dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya dengan diseduh dalam air panas atau dimakan dengan memasukkannya ke dalam kulit kapsul.

Budidaya Semut Jepang | Admin | 4.5
Leave a Reply