Berkenalan dengan Jenis Domba Welsh

Berkenalan dengan Jenis Domba Welsh – Alhamdulillah sahabat ternak dimana saja berada, puji syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah S.W.T yang mana yang telah memberikan nikmat kesehatan, sehingga di sore hari ini saya akan memberikan update terbaru artikel dengan judul Berkenalan dengan Jenis Domba Welsh.
Domba atau biri-biri (Ovis) adalah ruminansia dengan rambut tebal dan dikenal orang banyak karena dipelihara untuk dimanfaatkan rambut (disebut wol), daging, dan susunya. … Domba berbeda dengan kambing. 
Domba termasuk dalam sub family Caprinae dan family Bovidae. Genus Ovis mencakup semua jenis domba, sedangkan domba domestikasi termasuk ke dalam spesies Ovis aries. Selanjutnya dikemukakan pula bahwa terdapat 7 jenis domba liar yang berbeda terbagi ke dalam 40 macam varietas yang berbeda. Spesies domba yang telah mengalami domestikasi meliputi domba Argali (Ovis ammon) berasal dari Asia tengah, domba Urial (Ovis Vignei) juga berasal dari Asia, sedangkan domba Moufflon (Ovis Musimon) berasal dari Asia Kecil dan Eropa.
Domba Welsh Mountain adalah salah satu jenis domba yang hidup di kepulauan Inggris. Domba ini termasuk  domba liar. Selain berkembang biak di seluruh Inggris, juga berkembang biak dengan baik di negara lain.
Berkenalan dengan Jenis Domba Welsh

Berkenalan dengan Jenis Domba Welsh
Selama abad ke-19 flockmasters Welsh memiliki potensi komersial yang tinggi dan mulai diternakkan yang menghasilkan daging kualitas premium dan juga bulunya dimanfaatkan untuk pembuatan kain. Namun belum banyak penduduk yang menernakkan domba ini.
a. Domba welsh mountain memiliki beberapa varietas diantaranya, yaitu
  1. Domba putih Putih Welsh Mountain.
  2. Badger Wajah Welsh Mountain
  3. Torddu “hitam-bellied”, putih dengan wajah gelap dan perut.
  4. Torwen”white-bellied, hitam dengan perut putih dan garis-garis putih di atas mata.
  5. Balwen Welsh Mountain
  6. Hitam Welsh Mountain
b. Karakteristik Domba Welsh Mountain
  1. Berat domba betina sekitar 45kg, Berat domba jantan sekitar 60-65kg.
  2. Domba jantan memiliki tanduk, sedangkan domba betina tidak memiliki tanduk
  3. warna bulu coklat, putih, hitam yang menutupi seluruh bagian tubuh, kecuali kepala dan kaki
  4. Telinga kecil terkulai dan menghadap ke depan.
  5. Memiliki ekor panjang

Demikianlah artikel tentang Berkenalan dengan Jenis Domba Welsh, semoaga bermanfaat walaupun artikel sangat singkat.amien3x. dan sampai ketemu lagi pada waktu yang lain terntunya tentang pembahasan yang berbeda bersana dengan kami di hewanternak.sekian dan terima kasih

Berkenalan dengan Jenis Domba Welsh | Hewan Ternak | 4.5
Leave a Reply