Berkenalan Dengan Domba Leicester dari Inggris

Berkenalan Dengan Domba Leicester dari Inggris – Alhamdulillah sahabat dimana saja berada, pada sore hari ini yang akan menjadi update terbaru artikel kami dengan judul Berkenalan Dengan Domba Leicester dari Inggris, Domba Leicester adalah domba lokal yang berasal dari Inggris. Domba ini disebut juga dengan nama domba perbatasan leicester, karena banyak ditemukan diperbatasan Inggris. Domba ini dikembang biakkan untuk diambil dagingnya. Tubuh nya besar dan kuat, namun perilakunya sangat jinak. Dan sering dibuat untuk pertunjukkan/kontes karena keindahannya.
Berkenalan Dengan Domba Leicester dari Inggris

Berkenalan Dengan Domba Leicester dari Inggris
Domba ini dikembangkan oleh peternak Inggris yang terkenal yaitu Robert Bakewell. Masuk ke Amerika saat sebelum meletusnya perangrevolusioner. Domba ini tidak pernah menarik perhatian meskipun telah popular di Canada. Pemanfaatan utama Leicester adalah untuk memperbaiki bangsa dari domba bangsa yang lain. karena domba ini berdaging baik dan mempunyai kualitas bulu yang baik sekali dengan woll panjang.
Domba Perbatasan Leicester ini hidup di daerah perbatasan Leicester di inggris, karena itulah dinamakan domba perbatasa Leicester, domba ini dikembang biakkan untuk diambil dagingnya. Tubuh domba ini besar dan kuat, namun perilakunya sangat jinak. Keturunan dari domba ini telah diekspor ke ngara lain seperti Amerika dan Australia.
Berat hidup dari seekor domba  Perbatasan Leicester jantan dewasa kira-kira berkisar antara  140-175 kg (310-390 lb) dan betina dewasa 90-120 kg (200-260 lb). Sebuah domba berumur setahun sekitar 64 kg (140 lb)
Domba Perbatasan  Leicester  dikembangkan pada tahun 1767 di Northumberland , Inggris.  Nama mereka berasal dari kenyataan bahwa tempat kelahiran mereka di dekat perbatasan dengan Skotlandia, dan kenyataan bahwa gen mereka berasal juga dari Dishley Leicester domba jantan. Domba yang digunakan adalah baik Teeswater atau Cheviot , meskipun yang salah sebenarnya sering diperdebatkan. Mereka yang umum berkembang biak cukup di Inggris pada abad ke-19.
  • Karakteristik Domba Leicester :
  1. Berat tubuh jantan dewasa140-175 kg dan domba betina dewasa 90-120 kg . Betina rumur setahun sekitar 64 kg.
  2. Warna domba ini Putih kecoklatan dan bagian kepala berwarna putih. Bulunya/wol cenderung sangat panjang sehingga domba ini banyak dimanfaatkan untuk pembuatan pakaian, dll.
  3. Baik domba jantan dan betina tidak memiliki tanduk.
  4. Ciri khasnya domba ini akan berdiri tegap sekitar 80-85 cm di, 100cm ukuran bahu dari mahkota ekor.

Domba ini telah diekspor ke Inggris Guyana , Kanada, Cina, Kolombia, Afrika Selatan, Perancis, Spanyol, Portugal, Amerika Serikat, India, Jepang, Yugoslavia, Iran, Hungaria, Rusia, Turki dan Swiss.

 Domba leicester juga ditemukan di seluruh bagian Inggris, Irlandia, Skotlandia dan Wales. Keturunan domba ini telah diekspor secara luas terutama di Australia, Selandia Baru dan Afrika Selatan, Prancis, Spanyol, Portugal, Kanada, Amerika Serikat, Kolombia, Guyana Inggris, India, Jepang, Yugoslavia, Iran, Hungaria, Rusia, Cina, Turki dan Swiss.
Nah itulah artikel singkat tentang Berkenalan Dengan Domba Leicester dari Inggris, semoga bisa menambah wawasan anda tentang berbagai macam domba. sekian dan terima kasih
Berkenalan Dengan Domba Leicester dari Inggris | Hewan Ternak | 4.5
Leave a Reply