6 Perbedaan Antara Katak Dengan Kodok

6 Perbedaan Antara Katak Dengan Kodok – Alhamdullilah sahabat dimanapun berada puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah S.W.T yang mana telah memnberikan nikmat kesehatan sehingga saya bisa memberikan update terbaru arikel ini dengan judul 6 Perbedaan Antara Katak Dengan Kodok, menurut kebanyakan orang katak atau kodok itu sama aja, selain memiliki kesamaan amfibi (hidup di dua alam), namun ternyata katak dan kodok memiliki perbedaan, lalu apa perbedaannya?? Yuk disimak dengan seksama.
6 Perbedaan Antara Katak Dengan Kodok
6 Perbedaan Antara Katak Dengan Kodok
1. Tubuh
Katak: Memiliki tubuh halus dengan pinggang sempit, umumnya tubuhnya ramping. Kulit katak berelendir, licin, dan halus.
Kodok: Tubuh cenderung pendek dan gemuk, kulitnya kasar penuh benjolan/bintik/kutil, dan terlihat kering.
2. Kaki Belakang
Katak: Kaki belakang kuat, panjang, dan berselaput yang diadaptasikan untuk melompat, memanjat, menempel di pohon dan berenang.
Kodok: Kaki belakang pendek, lebih disesuaikan untuk berjalan daripada melompat.
3. Lompatan
Katak: Katak mampu melompat begitu jauh karena kaki belakang mereka yang panjang dan kuat. Mereka bisa melompat kabur cepat saat dikejar pemangsa.
Kodok: Kodok berbeda dengan katak, mereka tidak bisa melompat terlalu jauh atau melompat terlalu tinggi.
4. Kelenjar Racun (Poison Gland/Poison Sac)
Katak: Umumnya katak tidak beracun, namun beberapa katak mampu mengeluarkan racun alkaloid lipofilik pada kulit mereka, terutama mereka dengan warna yang sangat mencolok.
Kodok: Semua kodok memiliki kelenjar racun yg terdapat di belakang mata mereka.
5. Telur
Katak: Telur-telurnya bergerombol seperti anggur. Beberapa betina katak pohon akan membawa telur-telur itu ke punggungnya, menjaga sampai menetas. Dan saat kecebong lahir, induknya akan meninggalkan mereka.
Kodok: Telur-telurnya memanjang membentuk sebuah rantai. Telurnya biasanya dilindungi tanaman air sekitar. Beberapa induk kodok membawa telur-telur itu ke punggung, dan tetap menjaga kecebong.
6. Tampilan
Katak: Katak memiliki warna sangat beragam, mulai putih, hijau, kuning, oranye, merah, hitam dan bahkan biru.
Kodok: Kodok memiliki tampilan warna yang kusam.
Nah itulah artikel tentang 6 Perbedaan Antara Katak Dengan Kodok, moga Рmoga artikel ini bisa berguna untuk pembaca terutama bagi admin sendiri, sampai jumpa lagi pada update artikel terbarunya bersama dengan kami di hewanternak.com
6 Perbedaan Antara Katak Dengan Kodok | Admin | 4.5
Leave a Reply